Kamis 28 Oct 2021 13:14 WIB

Tewaskan Kru Rust, Mungkinkah Alec Baldwin Terjerat Hukum?

Pistol properti Alec Baldwin menewaskan direktur fotografi Rust, Halyna Hutchins.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Aktor Alec Baldwin. Pada Kamis (21/10), senjata properti yang dipakai Baldwin dalam syuting film Rust membuat cedera sutradara Joel Souza dan menewaskan sinematografer Halyna Hutchins.
Foto:

Meskipun undang-undang New Mexico mendefinisikan pembunuhan tidak disengaja sebagai bagian dari pelanggaran hukum, pengacara pembela Nina Marino mengaku ragu kasus pidana apa pun akan diajukan. Ia juga menganggap tuntutan justru akan berdampak negatif bagi industri film.

"Jika agen lokal di New Mexico akan mengajukan tuntutan pidana, itu akan memiliki efek mengerikan pada pembuatan film lebih lanjut yang berlangsung di New Mexico, dan saya pikir New Mexico menghargai bisnis ini," kata Marino.

photo
Foto sinematografer Halyna Hutchins dipajang dalam acara peringatan kematiannya, Sabtu (23/10). Hutchins meninggal setelah tertembak senjata properti film Rust yang dipegang aktor Alec Baldwin. - (AP)

Setiap film memerlukan pertanggungan asuransi, bahkan untuk penggunaan kuda, hewan lain, dan senjata api. Profesor hukum Julie Shapiro mengatakan, perusahaan asuransi kemungkinan akan menanggung setiap peristiwa yang tidak disengaja, tetapi perusahaan mungkin tidak membayar klaim kelalaian pada set film.

"Perusahaan asuransi akan melakukan penyelidikan sendiri untuk menentukan apakah terjadi kelalaian," kata Shapiro.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement