Selasa 19 Dec 2023 19:01 WIB

Alec Baldwin Pro Palestina atau Israel? Ini Jawabannya Saat Didesak Demonstran di New York

Alec Baldwin kebetulan berada di dekat lokasi unjuk rasa anti-Israel di New York.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Aktor Hollywood Alec Baldwin. Saat berada di sekitar lokasi demo anti-Israel, Baldwin ditanya pendiriannya soal konflik Israel-Palestina oleh pengunjuk rasa.
Foto: EPA-EFE/JASON SZENES
Aktor Hollywood Alec Baldwin. Saat berada di sekitar lokasi demo anti-Israel, Baldwin ditanya pendiriannya soal konflik Israel-Palestina oleh pengunjuk rasa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktor dan komedian Alec Baldwin terlibat konfrontasi sengit dengan pengunjuk rasa anti-Israel di New York City, Amerika Serikat, Senin (18/12/2023). Dalam sebuah video, dia terlihat berada di dekat West 29th Street dengan massa di sekelilingnya.

Para demonstran menuntut untuk mengetahui apakah Baldwin mendukung Palestina atau Israel. Polisi terlihat mengawal aktor tersebut ketika dia mencoba mengakses pintu yang terkunci, namun Baldwin terlihat tak bisa mengabaikan ucapan pengunjuk rasa.

Baca Juga

"Saya mendukung perdamaian untuk Gaza,” kata Baldwin kepada para demonstran, dikutip dari laman Page Six, Selasa (19/12/2023). Namun, orang-orang terlihat tidak percaya. Mereka meneriakkan kata-kata kotor kepadanya dan berusaha mendekat.

Baldwin pun terlihat sama berangnya. Bintang film The Departed itu tak segan menjawab teriakan orang-orang.

 

Klip lain yang di-posting ke X (sebelumnya bernama Twitter) menunjukkan pula adu mulut yang cukup sengit antara Baldwin dengan seseorang. Pria tak dikenal bertanya tentang pendirian Baldwin di tengah konflik Israel-Palestina.

"Karena saya di Hollywood? Kau menanyakan pertanyaan bodoh. Ajukan pertanyaan cerdas kepada saya," ucap Baldwin sambil sedikit mendorong pria itu.

Segelintir pengunjuk rasa juga mengungkit insiden pada Oktober 2021, saat Baldwin menembakkan senjata properti di lokasi syuting film Rust dan menewaskan sinematografer Halyna Hutchins.

"Tapi kau memang membunuh seseorang, kan? Kau seorang pembunuh!" ujar seseorang kepada Baldwin. Sementara, tuduhan terhadap Baldwin telah dibatalkan pada bulan April 2023.

Sebuah sumber mengatakan bahwa Baldwin tidak berniat terlibat dalam adu mulut tersebut. Pengisi suara film animasi The Boss Baby itu juga tidak bermaksud menghadiri protes. Dia bertandang ke lokasi sekitar unjuk rasa untuk mengajar kelas akting.

"Dia tidak berniat menghadiri protes dan tidak terlibat dalam cara apa pun. Dia didekati secara agresif dan berulang kali. Polisi turun tangan untuk menghindari konfrontasi lebih lanjut, sehingga dia bisa sampai ke kelas dengan aman," ungkap sumber itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement