Senin 05 Jun 2023 15:30 WIB

Artis yang Pernah Melontarkan Pernyataan 'Anti-LGBT'

Ada beberapa artis yang dikabarkan menolak perilaku LGBT.

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti
Kevin Hart. Kevin Hart menjadi salah satu artis kelas dunia yang pernah melontarkan pernyataan anti-LGBT.
Foto: EPA
Kevin Hart. Kevin Hart menjadi salah satu artis kelas dunia yang pernah melontarkan pernyataan anti-LGBT.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pendapat pro dan kontra terhadap sesuatu kerap terjadi di tengah masyarakat, termasuk soal LGBT. Bukan hanya masyarakat awam, kontroversi terhadap LGBT juga mendera artis dunia. 

Ada beberapa figur publik yang dikabarkan menolak perilaku LGBT. Berikut ini daftarnya seperti dilansir laman Insider, Jumat (2/6/2023):

Baca Juga

1. JK Rowling

photo
JK Rowling - (Time)

 

Penulis JK Rowling pernah menghebohkan lini massa Twitter pada sekitar 2020. Penulis Harry Potter itu pernah mengatakan, ia menghormati hak setiap orang trans. Dia akan mendukung kaum tersebut jika terjadi diskriminasi. Tetapi pada saat yang sama, ia juga meyakini tidak perlu membenci gender yang dianugerahkan kepada manusia.

“Hidup saya telah dibentuk dengan menjadi perempuan. Saya tidak percaya itu adalah kebencian untuk mengatakannya,” kata dia.

2. Kevin Hart

photo
Kevin Hart - (AP)

 

Di antara tahun 2009 dan 2010, aktor Kevin Hart membuat lawakan yang menyangkut LGBT di Twitter dan standup spesialnya. Misalnya, dalam satu tweet, komedian tersebut mengatakan akan menghancurkan rumah boneka di atas kepala putranya jika ternyata dia gay. Dalam acara spesialnya tahun 2010, "Seriously Funny", dia menegaskan kembali poin bahwa dia akan bertindak kasar jika putranya seorang gay.

Ketika Hart diumumkan akan menjadi pembawa acara Oscar pada 2018, lelucon masa lalunya muncul kembali. Setelah mendapat reaksi keras dari publik, Hart mengundurkan diri sebagai pembawa acara.

3. Paris Hilton

photo
Paris Hilton. - (AP)

 

Pada 2012, pernah beredar rekaman audio Paris Hilton di dalam taksi ketika ia bersama seorang pria gay yang menunjukkan aplikasi kencan gay, Grindr. Dalam rekaman tersebut, Hilton mengatakan bahwa pria gay adalah orang paling horn* di dunia dan menjijikkan, serta kebanyakan dari mereka mungkin menderita AIDS.

Tak lama Hilton mengeluarkan permintaan maaf. Sosialita itu mengaku sangat menyesal dan kesal karena telah menyakiti teman gay, penggemar, dan keluarga mereka.

4. Tracy Morgan

 
photo
Tracy Morgan (kiri). - (AP Photo/Chris Pizzello/Invision)

 

Pada 2011, komedian Tracy Morgan diduga mengatakan akan menikam putranya jika mengaku sebagai gay. Setelah ada serangan dan permintaan maaf di "Late Show with David Letterman," Morgan lalu mengeluarkan permintaan maaf resmi.

5. Sarah Silverman

photo
Sarah Silverman. - (EPA-EFE/CAROLINE BREHMAN)

 

Sarah Silverman pernah menggunakan cercaan gay dalam cuitan Twitter-nya pada 2010. Ketika ditanya tentang hal itu pada tahun 2018, dia mengaku cukup kreatif untuk memikirkan kata lain yang tidak menyakiti orang.

6. Eminem

photo
Rapper Eminem. - (EPA)

 

Eminem dikritik karena menggunakan cercaan gay dalam lagu-lagunya, tetapi dia bersikeras bahwa dia tidak homofobia. Pada tahun 2018, Eminem merilis albumnya, Kamikaze, dengan salah satu lagu berjudul "The Fall".

7. Mel Gibson

photo
Mel Gibson. - (EPA)

 

Mel Gibson pernah bersuara tentang perilaku pria gay pada awal tahun 1990-an dan dalam wawancara 2001 untuk surat kabar Spanyol El Pais. Sepanjang 1990-an, GLAAD memprotes film-film Gibson, namun sang aktor menolak untuk meminta maaf.

8. Alec Baldwin

photo
Aktor Hollywood Alec Baldwin. - (EPA-EFE/JASON SZENES)

 

Alec Baldwin dianggap melontarkan kata-kata kasar homofobia di Twitter terhadap seorang reporter yang ia anggap mengeluarkan berita tidak benar. Namun Baldwin juga sempat memberikan permintaan maaf.

9. Chris Brown

photo
Chris Brown. - (AP)

 

Chris Brown menggunakan bahasa homofobik saat berbicara tentang rapper lain, tetapi dia kemudian berkata, "Saya mencintai semua penggemar gay saya”. Pada tahun 2010, rapper Raz memprovokasi Chris Brown ketika dia menge-tweet tentang penyerangan Brown pada masa lalu terhadap Rihanna.

Brown menanggapi dengan menyerang Raz di Twitter, merujuk fakta bahwa Raz dianiaya oleh pria lain saat masih kecil dan memanggilnya "#homothug". "Saya tidak homofobik! Dia hanya tidak sopan,” cuit Brown kala itu.

10. Azealia Banks

photo
Penyanyi Azealia Banks. - (EPA/GEORG HOCHMUTH)

 

Pada 2015, penyanyi Azealia Banks tertangkap kamera meneriaki seorang pramugari setelah bertengkar dengan sesama penumpang. Dalam video tersebut, Banks memanggil pramugari itu dengan sebutan gay, menurut HuffPost.

11. Drake Bell

photo
Aktor Drake Bell. - (EPA/MARIO GUZMAN)

 

Drake Bell menerima reaksi keras setelah memposting tweet tentang transfobia, ketika Caitlin Jenner menjadi sebagai transgender pada 2015. Setelah menerima reaksi, Bell menghapus tweet-nya dan meminta maaf.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement