Jumat 22 Oct 2021 12:05 WIB

Mengenal Kejang Otot Berat, Kondisi yang Usik Celine Dion

Celine Dion mengalami kejang otot berat yang persisten.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Celine Dion mengalami kejang otot berat yang menetap hingga harus membatalkan konsernya pada November 2021.
Foto:

Pada beberapa kasus, kejang dapat menjadi gejala dari masalah neurologis yang lebih luas. Biasanya, kejang yang diakibatkan masalah neurologis juga disertai dengan gejala-gejala lain.

Beberapa gejala tersebut antara lain nyeri pada punggung, leher, atau kepala, lemah otot, kulit kebas, perasaan kesemutan, tremor, kelumpuhan, koordinasi buruk, pergerakan lambat, pandangan ganda, atau masalah tidur. Salah satu contoh masalah kesehatan yang menyebabkan kram atau kejang otot tak terkendali adalah dystonia.

Kondisi ini dapat berlangsung dalam jangka panjang dan bisa membuat tubuh memutar pada posisi tak biasa. Ketika dihadapkan pada kejang otot, ada beberapa upaya yang dapat meringankannya.

Coba berhenti melakukan aktivitas yang memicu kram atau kejang dan pijat area yang mengalami kejang atau kram otot secara lembut. Lalu, lakukan peregangan pada area yang terdampak secara perlahan atau gunakan kompres panas untuk merelaksasi otot yang tegang.

Bila kejang atau kram otot terjadi akibat saraf kejepit di tulang belakang, langkah pertama yang dapat dilakukan adalah beristirahat. Penggunaan obat pereda nyeri juga dapat membantu meringankan gejala.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement