Sabtu 10 Feb 2024 17:45 WIB

OST Film Paling Ikonik, Ada yang Masih Didengar Meski Dirilis Puluhan Tahun Lalu

Berikut ini adalah 5 OST ikonik yang membuat beberapa film begitu tak terlupakan.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Qommarria Rostanti
Salah satu adegan di film Titanic. OST film Titanic berjudul My Heart Will Go On dinilai sebagai OST terbaik sepanjang masa.
Foto: Dok. 20th Century Fox
Salah satu adegan di film Titanic. OST film Titanic berjudul My Heart Will Go On dinilai sebagai OST terbaik sepanjang masa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Musik memainkan peran penting untuk membuat sebuah film terasa lebih besar. Menjelang revolusi musik pop pada tahun 1960-an, muncul kembali sinergi antara industri film dan musik, dengan artis pop menulis dan merekam lagu yang terinspirasi oleh kisah-kisah yang diceritakan dalam film. 

Dilansir Games Radar, Jumat (9/2/2024), inilah lima OST ikonik yang membuat beberapa film favorit begitu tak terlupakan: 

Baca Juga

1. “My Heart Will Go On”- Celine Dion (Titanic, 1997)

Lagu “My Heart Will Go On” menjadi salah satu lagu Celine Dion yang paling dikenal dan sukses dalam kariernya yang terkenal, dan menjadikan film Titanic tahun 1997 sebagai salah satu film paling tidak dapat tenggelam pada abad ke-20. Tidak dapat disangkal bahwa lagu tersebut memiliki daya tarik yang tak tertahankan.

 

2. “I Don’t Wanna Miss a Thing”- Aerosmith (Armageddon, 1998)

Ditulis oleh penulis lagu pemenang penghargaan Diane Warren, lagu ini terinspirasi oleh wawancara TV dengan aktor James Brolin di mana dia mengakui bahwa dia merindukan istrinya Barbara Streisand ketika mereka tertidur; dia menuliskan kata-kata “I Don't Wanna Miss a Thing” di atas kertas. 

Meskipun Warren mengharapkan seseorang seperti Celine Dion untuk menyanyikannya, akhirnya lagu itu jatuh ke tangan Aerosmith, yang membintangi film tersebut. Aerosmith membuat karya tersebut menjadi bintang rock, menciptakan balada bertegangan tinggi yang masih tak terhentikan setelah bertahun-tahun. 

3. “Knockin’ on Heaven’s Door” -Bob Dylan (Pat Garrett & Billy the Kid, 1973)

Bob Dylan jarang terlibat dalam bisnis film, tidak termasuk beberapa film dokumenter Martin Scorsese yang menjadi fokusnya. Namun suatu ketika pada tahun 1973, Dylan berakting dalam film Barat karya Sam Peckinpah, Pat Garrett & Billy the Kid dan bahkan merekam soundtrack-nya.

Album ini menyertakan balada sedihnya “Knockin’ on Heaven’s Door” yang bahkan dalam katalog yang kuat seperti lagu Bob Dylan masih menjadi salah satu lagu terbaiknya sepanjang masa. Komposisinya sangat sederhana, lagu ini menggarisbawahi adegan tertentu di mana seorang penegak hukum yang sekarat (diperankan oleh Slim Pickens) dihibur oleh istrinya di tepi  sungai. Meskipun baku tembak sering terjadi di film-film Barat, hanya sedikit yang diakhiri dengan sentuhan kesedihan halus yang diilhami Dylan dalam penulisan lagunya. 

4. “Danger Zone”-Kenny Loggins (Top Gun, 1986)

Diciptakan karena kebutuhan ketika produser Top Gun gagal menemukan musik yang tepat untuk lagu pembuka film, “Danger Zone” pertama kali disusun oleh legenda musik elektronik Giorgio Moroder. Columbia Records kemudian meminta Moroder untuk mempekerjakan artis mana pun yang terikat kontrak untuk merekam vokal.

Toto dan Jefferson Starship termasuk orang pertama yang ditanyai sebelum pertunjukan diberikan kepada Kenny Loggins, yang telah mengalami ketenaran terkait film dari Footloose. Meskipun Loggins tidak ada hubungannya dengan penciptaannya, vokalnya yang penuh semangatlah yang menjadi semacam sentuhan akhir, memungkinkan lagu tersebut mencapai tingkat intensitas kecepatan mach.

5. “Lose Yourself”-Eminem (8 Mile, 2002)

“Lose Yourself” adalah lagu hiphop pertama yang memenangkan Oscar untuk Lagu Asli Terbaik. Ini erupakan ringkasan indah dari Eminem sendiri dan film yang ditulis untuknya: 8 Mile, sendiri secara longgar didasarkan pada kehidupan rapper yang tumbuh di Detroit. 

Sebuah lagu inspiratif tanpa keanehan kartun, “Lose Yourself” adalah lagu yang layak mendapatkan desibel yang memekakkan telinga untuk membangkitkan semangat juang dan membangkitkan B-Rabbit dalam diri kita semua. 

 

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement