Kamis 07 Oct 2021 05:05 WIB

6 Makanan Terbaik untuk Kesehatan Otak

Otak yang sehat menjaga seseorang dari penyakit Alzheimer.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Otak yang sehat menjaga seseorang dari penyakit Alzheimer.
Foto:

3. Telur

Telur menjadi salah satu lauk yang paling gampil dimasak. Harga telur cukup terjangkau, namun manfaatnya untuk kesehatan otak sangatlah luar biasa. Telur adalah salah satu sumber makanan terbaik kolin. Kolin telah dikaitkan dengan mengurangi peradangan dan meningkatkan fungsi otak, seperti menjaga memori dan komunikasi antara sel-sel otak.

 

4. Salmon

Salmon umumnya dikenal sebagai sumber protein yang hebat, tetapi tahukah Anda bahwa itu juga bagus untuk kesehatan otak? Ikan berlemak seperti salmon kaya akan asam lemak omega-3, yang sangat penting untuk perkembangan dan fungsi otak. Selain meningkatkan kesehatan otak, asam lemak ini telah dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung dan radang sendi.

 

5. Blueberry

Buah beri mengandung vitamin C, vitamin K, mangan dan fitonutrien, bermanfaat untuk kesehatan otak dan menyumbangkan nutrisi penting bagi tubuh. Nutrisi ini membantu merangsang aliran darah dan oksigen di otak, menghasilkan peningkatan konsentrasi.

Studi menunjukkan bahwa konsumsi makanan yang mengandung berbagai sayuran dan buah-buahan, seperti blueberry, dikaitkan dengan risiko yang lebih rendah dari gangguan kognitif terkait usia misalnya demensia dan penyakit Alzheimer.

 

6. Kenari

Kacang kenari berkontribusi terhadap kesehatan otak. Jika dibandingkan dengan kacang lainnya, kenari menawarkan antioksidan dua kali lebih banyak. Kenari dikemas dengan DHA, yang merupakan asam lemak omega-3 yang melawan penurunan kognitif dengan menekan peradangan dan stres oksidatif.

Peradangan dan stres oksidatif telah dikaitkan dengan penyakit Alzheimer dan demensia. Studi menunjukkan bahwa makan sekitar 1 hingga 2 ons kenari per hari dapat meningkatkan fungsi kognitif.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement