Selasa 05 Oct 2021 07:41 WIB

MHKI Ungkap 3 Motif Besar Produsen Hoaks Kesehatan

Menurut MHKI, ada tiga motif besar di balik produksi hoaks kesehatan.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Ada motif tertentu di balik produksi hoaks kesehatan.
Foto:

Mahesa menyebut, tenaga kesehatan ada juga yang lebih suka membaca informasi dari pesan instan WhatsApp atau laman tertentu dibandingkan membuka jurnal. Kondisi itu menyebabkan informasi yang dicerna tenaga kesehatan itu sulit dipertanggungjawabkan.

photo
Hoaks Vaksin dan Covid-19 - (Republika)

Mahesa mengatakan, penguatan literasi dengan cara kearifan lokal harus lebih gencar. Upayanya perlu melibatkan tokoh masyarakat dan agama dengan pendekatan budaya.

"Karena kalau menyampaikan dengan pendekatan akademis, dengan bahasa ilmiah, tentu tak semua masyarakat paham," kata dia.

Ketua Tepilih PB IDI, dr. Moh Adib Khumaidi SpOT, mengingatkan hoaks kesehatan bisa membunuh masyarakat. Hoaks paling banyak berupa teks dan gambar, entah berupa berita palsu, umpan klik, informasi bias, ketinggalan informasi, hingga propaganda.

"Tema hoaks-nya beragam, mulai dari tips kesehatan, resep tradisional, penemuan terbaru, informasi seolah-olah menjadi info terbaru dan mencenangkan, hingga hasil penelitian yang melawan manfaat vaksin Covid-19," ungkap Adib.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement