Sabtu 04 Sep 2021 06:44 WIB

2 Efek Samping Bubuk Protein Whey yang Jarang Diketahui

Produk bubuk protein whey populer di kalangan orang yang sedang membentuk otot.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Bubuk protein whey (ilustrasi). Protein whey dapat membantu membangun otot dan mempercepat pemulihan setelah berolahraga.
Foto:

Retensi cairan dan kenaikan berat badan

Seperti lemak dan karbohidrat, protein juga merupakan salah satu sumber energi bagi tubuh. Setiap gram protein atau lemak mengandung sekitar 4 kalori.

Oleh karena itu, protein juga bisa memicu kenaikan berat badan bila dikonsumsi secara berlebihan. NASM merekomendasikan 0,7-1 gram protein per pon berat badan per hari. Namun, sebagian atlet memiliki kebutuhan asupan protein yang lebih tinggi karena harus melakukan olahraga berat.

Selain kenaikan berat badan, protein whey juga dapat memicu retensi cairan. Beberapa merek diketahui mengandung sodium dan tambahan gula yang tinggi. Keduanya dapat menyebabkan tubuh menahan cairan.

Secara umum, protein whey cukup aman bila dikonsumsi secukupnya saja. Yang terpenting adalah memperhatikan kandungan zat gizi dan bahan di dalam produk protein whey sebelum membeli, dan hindari produk dengan kandungan gula yang tinggi.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement