Ahad 02 Jun 2024 14:56 WIB

Arsy Widianto Cerita Asal Inspirasinya Menulis Lagu

Pengalaman pribadi menjadi penyumbang inspirasi lagu Arsy.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Indira Rezkisari
Musisi Yovie Widianto (kanan) didampingi puteranya Arsy Widianto (kiri) berpose bersama piala penghargaan pada Malam Anugerah Musik Indonesia (AMI) 2018 di Jakarta, Rabu (26/9).
Foto: Antara/Aprillio Akbar
Musisi Yovie Widianto (kanan) didampingi puteranya Arsy Widianto (kiri) berpose bersama piala penghargaan pada Malam Anugerah Musik Indonesia (AMI) 2018 di Jakarta, Rabu (26/9).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Arsy Widianto, putra dari musisi kondang Yovie Widianto, telah dikenal sebagai penyanyi. Ternyata, dia tidak hanya punya suara merdu. Arsy juga dikaruniai bakat menulis musik dan lagu, sesuatu yang dia warisi dari sang ayah.

 

Baca Juga

Sentuhan Arsy terbukti telah melahirkan deretan lagu hit dengan pencapaian stream yang luar biasa. Pemuda kelahiran November 1999 itu memiliki kredit kepenulisan dalam lagu “Misal” yang dipopulerkan oleh Yovie & Nuno.

 

 

Lagu "Menjadi Dia" yang dinyanyikan oleh penyanyi Tiara Andini merupakan lagu ciptaan Arsy secara utuh. Selain itu, dia juga menyumbang dalam penulisan lirik lagu Tiara Andini yang lain, "Merasa Indah". Karya ciptaan Arsy yang terkini adalah tembang "Bukan Sebuah Rindu" yang merupakan single terbaru Yovie Widianto dengan Andmesh Kamaleng.

 

Saat ditanya dari mana mendapatkan inspirasi dalam menciptakan lagu, Arsy mengakui bahwa salah satunya adalah pengalaman pribadi. Menurut dia, pengalaman personal sering kali lebih mudah dikembangkan menjadi sebuah lagu. Namun, dia tidak memerinci lagu mana saja yang berasal dari pengalaman pribadinya.

 

"Tentu pas menulis lagu, pengalaman sendiri pasti akan lebih mudah untuk kita kembangkan dan kita bayangkan karena kan kita yang mengalami. Tapi sebenarnya dari pengalaman atau kisah orang lain juga bisa aja kok," kata Arsy, dikutip dari siaran pers, Ahad (2/6/2024).

 

Musisi yang telah merilis album perdana berjudul Puisi itu terbiasa menulis lagu di mana saja, mulai dari di pesawat saat traveling atau ketika di toilet. "Aku orangnya termasuk random dan spontan, inspirasi kadang datangnya nggak kenal tempat nggak kenal waktu, ya harus buru-buru ditulis biar nggak lupa," tutur Arsy.

 

Sang ayah pun memuji kemampuan putranya. Menurut Yovie, Arsy punya ketajaman insting dan intuisi dalam menulis lagu. "Saya terkesan dengan hasil kerja Arsy karena dia selalu mampu menerjemahkan kedalaman dari sebuah lagu," ujar Yovie, yang dikenal sebagai pendiri grup musik Kahitna.

  1.  

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement