Kamis 26 Aug 2021 07:13 WIB

The Milk Cleanse Diklaim Bisa Obati Brain Fog, Faktanya?

Banyak orang yang tertarik dengan klaim khasiat Milk Cleanse.

Rep: Puti Almas/ Red: Reiny Dwinanda
Susu (ilustrasi). Milk Cleanse yang mengandalkan konsumsi susu plus suplemen digadang bisa atasi brain fog.
Foto:

Di sisi lain, Levy mengatakan bahwa pihaknya telah berhati-hati untuk tidak membuat pernyataan medis tentang cleanse. Ia juga mengakui bahwa kondisi kesehatan setiap individu pasti berbeda, namun menekankan bahwa Milk Cleanse bisa menjadi salah satu sarana.

"Kami memiliki cerita positif tentang pengalaman orang-orang dengan mencoba cleanse dan orang-orang di komunitas kami telah melakukannya selama bertahun-tahun," jelas Levy.

Meski demikian, sejumlah dokter mengatakan bahwa bahan-bahan dalam Milk Cleanse cenderung memiliki efek pencahar pada tubuh. Staller mengatakan campuran bahan dalam produk ini cenderung membuat Anda mudah buang air besar, di antaranya dengan bahan seperti senna dan slippery elm.

"Jika Anda sulit buang air besar, itu akan efektif, tapi sebenarnya Anda bisa melakukannya dengan mudah dengan membelinya di toko obat lokal," kata Staller.

Pada dasarnya, proses cleanse atau pembersihan dari Milk Cleanse tidak berisiko bagi orang sehat. Namun, dengan kandungan pencahar dan penggunaan berlebih dapat menyebabkan dehidrasi atau ketidakseimbangan elektrolit, dan pembersihan apa pun dapat menjadi pemicu potensial untuk gangguan makan.

Staller mengatakan bahwa Milk Cleanse tidak mungkin mengatasi kelelahan, kabut otak, gangguan pencernaan, atau kelebihan berat badan dengan cepat. Secara khusus, ia menegaskan hal itu karena gejala yang tidak jelas dan didefinisikan secara luas itu terkait dengan gaya hidup dan kebanyakan orang kadang mengalaminya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement