Sabtu 21 Aug 2021 18:05 WIB

Ratusan Ibu Hamil Ikuti Virtual Maternity Yoga Secara Daring

Prenatal yoga dapat membantu mengurangi keluhan-keluhan selama kehamilan.

Gelaran Maternity Yoga yang digelar secara daring (live streaming) oleh RS Metropolitan Medical Centre, Jakarta.
Foto: Dok. Web
Gelaran Maternity Yoga yang digelar secara daring (live streaming) oleh RS Metropolitan Medical Centre, Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ratusan ibu hamil antusias mengikuti Maternity Yoga yang digelar secara daring (live streaming) oleh RS Metropolitan Medical Centre, Jakarta. Tercatat lebih dari 100 peserta ibu hamil mengikuti yoga kehamilan ini baik melalui platform Zoom, Instagram Live, serta Youtube Live Rumah Sakit Metropolitan Medical Centre, yang dipandu langsung oleh instruktur bersertifikat Rere Soraya.

Situasi pandemi dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) tidak menghalangi semangat para ibu untuk mengikuti Virtual Maternity Yoga dengan tetap di rumah saja. Ini adalah salah satu bentuk olahraga yang memang direkomendasikan baik untuk melatih fisik juga emosi para ibu yang dalam kehamilannya mengalami banyak perubahan secara hormonal dan emosional.

"Gerakan yoga didesain untuk mengakomodir perubahan-perubahan yang terjadi pada ibu hamil, hingga melatih otot sekitar panggul dan dipersiapkan untuk memperlancar persalinan. Pada prenatal yoga dapat membantu mengurangi keluhan-keluhan selama kehamilan, seperti sakit pinggang dan sakit punggung," tutur Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan Rumah Sakit Metropolitan Medical Centre dr. Kencana Shinta Moser, Sp.OG, Sabtu (21/8).

Ia mengatakan, gerakan yoga diajarkan berbagai teknik-teknik yang dapat bermanfaat bagi ibu dalam mempersiapkan persalinan. Termasuk teknik pernapasan sangat penting, kata dia agar ibu dapat memiliki nafas yang baik, kemudian dapat menguasai emosi dan tubuhnya sendiri. Sehingga dari pernapasan yang baik, maka asupan oksigen ke bayi pun akan baik juga.

“Pada saat yoga, dimulai dengan latihan pernapasan atau disebut Pranayama. Kemudian diakhiri dengan latihan relaksasi atau Savasana (yang) diajarkan bagaimana membuat diri kita rileks," kata dr. Shinta saat menjelaskan manfaat Maternity atau Prenatal Yoga

"Karena emosi yang seperti jet-coaster, apalagi sekarang lagi situasi pandemi ini, kalau ibunya cemas, bayinya pun bisa ikut cemas. Di (kehamilan) setelah enam bulan, bayi dapat merasakan kecemasan ibu. Jadi tolong dijaga selama kehamilan, emosi dari ibu, sehingga kesehatan ibu dan bayi akan baik," kata dr. Shinta.

Virtual Maternity Yoga ini merupakan rangkaian acara peresmian poliklinik Obgyn terbaru RS MMC di lantai 7 yang disebut dengan area Green Zone (Non-Covid area). Lokasi poliklinik ini terpisah dengan poliklinik umum lainnya. Menyertai peresmian ini, RS MMC melengkapinya dengan layanan program MAMA.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement