Senin 30 Oct 2023 06:33 WIB

Irene Tanihaha Ajak 500 Warga Bogor Yoga Bareng demi Indonesia Sehat dan Bugar

Melakukan yoga secara rutin memberikan manfaat yang cukup beragam untuk tubuh.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Sukses dengan menggagas aplikasi kebugaran Habuds, Irene Tanihaha, kembali membuat gebrakan. Dia menggelar Yoga bersama 500 warga Bogor yang terbagi menjadi 2 sesi, di Bogor Creative Center, Jawa Barat. Kegiatan itu bertujuan untuk memotivasi masyarakat untuk mengadopsi gaya hidup sehat dan aktif.

Tak sekadar Yoga, acara yang digagas Irene itu juga dimeriahkan dengan kehadiran booth UMKM. ”Tujuannya mengajak hidup sehat sekaligus memajukan UMKM setempat,” jelas Irene dalam siaran persnya yang diterima Republika.co.id, Senin (30/10/2023).  

Irene yang masih berstatus pelajar SMA itu sebelumnya berhasil meraih rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) sebagai Perempuan Termuda Penggagas Aplikasi Pelacak Kesehatan. Aplikasi Habuds yang dikembangkannya mampu melacak kebugaran penggunanya. 

Pada 22 Oktober 2023, Irene Tanihaha juga melibatkan 300 orang dalam kegiatan jalan sehat sepanjang 5 km, berbarengan dengan peluncuran Habuds dan penganugerahan Rekor Muri untuk dirinya. Irene Tanihaha selaku Inisiator Habuds mengatakan, terinpirasi dengan ibunya yang sangat senang berolahraga dan menjaga kebugaran tubuhnya, serta ingin mengajak masyarakat Indonesia membangun kebiasaan sehat. 

Kata dia, yoga menjadi olahraga yang sangat tepat. Mengingat manfaat yoga cukup banyak di antaranya memperlancar peredaran darah sehingga bisa mengurangi penyakit resiko degeneratif seperti penyakit jantung, diabetes, hipertensi, stroke dan lainnya. 

"Kita ingin para warga Bogor bisa terhindar dari penyakit degeneratif, selain olahraga juga menjadi ajang refreshing, berkumpul bersama warga lain jadi bisa menambah mood booster dan kebahagiaan untuk dirinya," katanya.

Meski belum lama dirilis, aplikasi Habuds memiliki fitur lengkap. Mulai dari media sosial, pedometer, pelacak asupan air, deteksi aktivitas fisik penggunanya, meliputi walk, running, cycling, dan sleep. 

Dibandingkan aplikasi kebugaran lainnya, Habuds menawarkan fitur Friend. Fitur tersebut memungkinkan penggunanya bisa melihat aktivitas temannya dan peringkat atau leaderboard. Pengguna dengan rank tertinggi akan mendapat reward. Habuds juga dilengkapi dengan fitur challenge, agar pengguna bisa menentukan goal atau target yang harus dicapai dan bisa mengontrol progres latihan yang dilakukan. 

Sangatlah penting untuk mempertahankan kebiasaan sehat saat kita menjalani kehidupan sehari-hari. Menerapkan kebiasaan-kebiasaan ini adalah apa yang dapat kita sebut sebagai obat pencegahan terbaik. Tidak semua orang mampu mendapatkan perawatan kesehatan yang komprehensif, tetapi menggabungkan kebiasaan olahraga yang konsisten telah terbukti memainkan peran besar dalam pengobatan pencegahan.

Manfaat yoga bagi kesehatan tubuh dan mental

Melakukan yoga secara rutin memberikan manfaat yang cukup beragam, baik itu untuk tubuh, mental, bahkan kecantikan. Berikut adalah masing-masing penjelasan tentang manfaat yoga.

1. Meningkatkan Fleksibilitas Tubuh

Yoga dapat meningkatkan keseimbangan dan kelenturan tubuh. Di mana, secara tidak langsung hal ini dapat menurunkan risiko mengalami cedera. Tidak perlu ragu memulai yoga apabila merasa tubuh kurang fleksibel. Justru, aktivitas fisik ini akan membantu dalam memiliki tubuh yang lebih lentur. Bahkan, lansia yang rutin melakukan yoga diketahui mengalami peningkatan fleksibilitas hampir empat kali lipat karena otot-otot dan ligamen akan meregang selama melakukan yoga.

2. Menjaga Kesehatan Jantung dan Paru-Paru

Orang yang rutin melakukan yoga selama bertahun-tahun diketahui memiliki tekanan darah dan denyut nadi lebih rendah (dalam batas normal) daripada orang yang tidak melakukan yoga. Sebagaimana yang diketahui, tekanan darah tinggi merupakan salah satu pemicu penyakit jantung. Selain jantung, manfaat yoga juga berkaitan dengan kesehatan paru-paru. Yoga memiliki teknik pernapasan khusus (pranayama) yang apabila dilakukan secara rutin akan meningkatkan fungsi vital paru-paru sehingga dapat melancarkan sistem pernapasan.

3. Mengurangi Nyeri Punggung

Yoga yang dilakukan secara rutin dapat meredakan nyeri punggung. Aktivitas fisik ini dinilai sama efektifnya dengan jenis peregangan lain yang dapat membantu penderita nyeri punggung lebih mudah bergerak. Yoga terbukti dapat meningkatkan peregangan pada tulang belakang dan memperbaiki postur tubuh. Selain itu, yoga juga diketahui bermanfaat meredakan nyeri kronis yang disebabkan oleh beberapa kondisi, seperti cedera, arthritis, hingga nyeri akibat migrain.

4. Meningkatkan Kesehatan Mental

Manfaat yoga untuk kesehatan mental cukup beragam. Hal ini dikarenakan yoga dapat membantu menurunkan produksi kortisol (hormon stres) dalam tubuh. Ketika produksi kortisol menurun, maka produksi serotonin (hormon bahagia) pun akan meningkat yang dapat meredakan gejala depresi dan membuat penderita merasa lebih tenang

5. Membantu Proses Pemulihan Penyakit

Manfaat yoga bagi tubuh berikutnya adalah mendukung proses pemulihan penyakit. Maka dari itu, yoga sering dijadikan sebagai pendamping perawatan medis. Contohnya, pasien stroke yang sedang melakukan terapi fisik dengan menerapkan yoga yang dapat meningkatkan keseimbangan dan kemampuan fungsi motorik.

6. Mengurangi Kram Perut saat Menstruasi

Gerakan yoga diketahui dapat membantu mengurangi tekanan di rahim, kram, serta meringankan rasa kaku di bagian punggung bawah yang umumnya menjadi gejala PMS (premenstrual syndrome).

7. Membuat Awet Muda

Tidak hanya untuk kesehatan fisik dan mental, melakukan yoga secara rutin juga bisa membuat awet muda. Manfaat yoga untuk kecantikan ini bisa didapatkan melalui beberapa pose yoga, salah satunya adalah pose Sirsasana (berdiri dengan kepala). Pose ini dapat membantu melancarkan suplai darah ke otak dan wajah.  sehingga suplai oksigen ke sel-sel otak dan wajah akan meningkat, kadar hormon stres menurun, wajah cenderung menjadi awet muda, dan terhindar dari masalah jerawat.

Jadi, ayo join bersama Habuds ‘We Healthy, We Habuds’.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement