Sabtu 14 Aug 2021 06:15 WIB

Ini Bedanya Cappuccino dan Latte

Meski terlihat sama, cappuccino dan latte adalah dua varian minuman kopi berbeda.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Nora Azizah
Meski terlihat sama, cappuccino dan latte adalah dua varian minuman kopi berbeda.
Foto:

Mana yang lebih kuat kandungan kafeinnya?

Karena jumlah susu yang digunakan lebih sedikit saat membuat cappuccino, minuman akan terasa lebih kuat daripada latte. Konon, kedua minuman tersebut biasanya mengandung jumlah espresso yang sama sehingga kandungan kafeinnya identik. Kekuatan di sini hanyalah ukuran seberapa banyak Anda merasakan espresso dalam minuman. Dengan kata lain, susu latte memiliki rasa yang jauh lebih lembut jika dibandingkan dengan cappuccino.

Mana yang lebih sehat?

Jika kalori dan kandungan lemak menjadi perhatian utama, maka latte dapat dianggap sebagai piliihan yang kurang sehat dibandingkan cappuccino, mengingat volume susu yang terlibat. Tapi seali lagi, satu minuman tidak bena-benar lebih sehat dibandingkan yang lain.

Mana yang lebih manis?

Menurut ahlinya, saat susu dikukus, rasa manis alaminya akan terpancar. Jadi, karena rasio susu dan espresso yang tinggi, latte akan terasa lebih manis daripada cappuccino. Namun, perlu diperhatikan tidak satu pun dari minuman ini yang disajikan secara tradisional dengan pemanis. Jadi jumlah gula yang Anda tambahkan di kedai kopi sepenuhnya terserah pelanggan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement