Sabtu 14 Aug 2021 06:15 WIB

Ini Bedanya Cappuccino dan Latte

Meski terlihat sama, cappuccino dan latte adalah dua varian minuman kopi berbeda.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Nora Azizah
Meski terlihat sama, cappuccino dan latte adalah dua varian minuman kopi berbeda.
Foto: Wikimedia
Meski terlihat sama, cappuccino dan latte adalah dua varian minuman kopi berbeda.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat Anda pergi ke kedai kopi, Anda menemukan menu cappuccino dan latte. Terkadang beberapa orang menyamakan cappuciono dan latte. Meskipun sama-sama kopi, dua jenis minuman itu berbeda. Profesional Barista sekaligus Pemilik Bar Espresso yang berbasis di Brooklyn, New York akan menjelaskan beberapa hal tentang perbedaannya seperti dikutip PureWow, Jumat (13/8).

Apa itu latte?

Baca Juga

Latte terdiri dari espresso dan dikombinasikan dengan jumlah yang relatif besar, yaitu tujun ons atau lebih susu kukus. Yang membuat latte berbeda adalah tekstur susunya. Susu tersebut harus dikukus hingga memiliki kilau yang tepat. Hasil akhirnya adalah susu kukus menyatu sepenuhnya dengan espresso dan hanya meninggalkan lapisan busa kecil halus di permukaan minuman.

Apa itu cappucino?

Di sisi lain, cappuccino menggunakan setengah susu latte tapi volume cairan menjadi dua kali lipat karena teknik mengukusnya berbeda. Lebih banyak udara yang dimasukkan ke dalam susu. Dengan begitu, sejumlah besar microfoam terbentuk di permukaan susu kukus dan biasanya disajikan dalam ukuran lima atau enam ons yang terdiri dari tiga lapisan sama. Yakni, espresso di bagian bawah, susu kukus di tengah, dan bisa yang kaya di bagian atas.

Apa perbedaan latte dan cappucino?

Berdasarkan uraian di atas, dapat dikatakan perbedaan yang paling mencolok antara cappuccino dan latte adalah pada tekstur susunya. Susu dari latte lebih encer sedangkan cappuccino penuh dengan buih. Perbedaan utama lain adalah cappuccino menggunakan sedikit lebih susu daripada latte. Sebab susu cappuccino mengembang begitu banyak dari semua aerasi dan minuman ini dimaksudkan untuk disajikan dalam ukuran lebih kecil.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement