Kamis 12 Aug 2021 06:05 WIB

5 Manfaat Minum Kopi, Tingkatkan Mood Hingga Panjang Umur

Manfaat minum kopi telah dipelajari selama beberapa dekade di seluruh dunia.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Nora Azizah
Manfaat minum kopi telah dipelajari selama beberapa dekade di seluruh dunia.
Foto:

4. Kopi bisa menambah kinerja

Seperti yang akan dibuktikan oleh sebagian besar ahli diet olahraga, kopi adalah salah satu penambah kinerja favorit mereka. Saat ini, konsumsi kopi tidak dilarang oleh Komite Olimpiade Internasional. Di samping itu, jika dikonsumsi dalam jumlah normal, disepakati bahwa kafein membantu meningkatkan kekuatan, kecepatan, dan akurasi olahraga yang berlangsung dari 60 detik hingga beberapa jam.

Kopi yang dinikmati sebelum berolahraga akan merangsang sistem saraf pusat dan epinefrin untuk memberikan semburan energi, mengurangi reseptor rasa sakit, dan meningkatkan pembakaran lemak sehingga otot dapat membakar lebih banyak lemak sebagai bahan bakar. Dalam tinjauan beberapa penelitian tentang kafein dan kinerja, para peneliti menyimpulkan bahwa kafein meningkatkan kinerja olahraga rata-rata 11,2 persen.

5. Kopi dapat melindungi terhadap Penyakit Alzheimer

Ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa peminum kopi mungkin memiliki penurunan risiko untuk mengembangkan Penyakit Alzheimer (AD). Dalam satu studi review yang diterbitkan dalam Neurological Research, para peneliti melaporkan bahwa konsumsi kopi berbanding terbalik dengan risiko penyakit Alzheimer.

Disebutkan, bahwa peminum kopi mengalami 30 persen pengurangan risiko untuk mengembangkan AD dibandingkan dengan mereka yang tidak minum kopi. Dalam sebuah studi model hewan yang diterbitkan dalam Journal of Alzheimer's Disease, kopi yang diberikan kepada hewan pengerat dengan AD membantu melindungi dari kehilangan memori, membantu mempertahankan memori dan benar-benar membantu membalikkan beberapa efek AD pada model hewan. Namun demikian, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk menunjukkan manfaat ini pada manusia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement