Rabu 11 Aug 2021 19:06 WIB

5 Makanan Ini Bisa Tingkatkan Metabolisme Tubuh

Ada beberapa faktor yang bisa picu tingkatkan metabolisme tubuh, termasuk makanan.

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah
Ada beberapa faktor yang bisa picu tingkatkan metabolisme tubuh, termasuk makanan.
Foto:

3. Makanan Pedas

Rempah-rempah dikenal sebagai cara yang bagus untuk meningkatkan metabolisme. Menurut sebuah studi dari British Journal of Nutrition, rempah-rempah seperti jahe, lada hitam, mustard, dan lobak telah terbukti meningkatkan tingkat istirahat metabolisme.

"Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa makanan pedas seperti saus pedas untuk sementara dapat meningkatkan tingkat metabolisme Anda karena capsaicin, bahan kimia yang ditemukan dalam cabai," kata Burack.

Burack merekomendasikan menggunakan saus pedas kapan pun Anda mau. "Ini tidak hanya rasanya yang lezat dan meningkatkan rasa makanan hambar, tetapi pada dasarnya tidak menambah kalori untuk meningkatkan rasa dan kelezatan dalam hidangan Anda," katanya.

4. Air minum

Meskipun air secara teknis bukan makanan, tapi itu adalah salah satu komponen terpenting dalam meningkatkan dan mempertahankan tingkat metabolisme. Air tidak hanya membantu tetap kenyang dan menahan rasa lapar saat mengisi perut Anda. Tapi juga  membantu dalam metabolisme, mencerna dan menyerap makanan, dan menjaga buang air besar secara teratur.

5. Alpukat

Alpukat membuat perut kenyang dan puas. Buah ini juga penuh dengan vitamin, mineral, serat, dan lemak yang menyehatkan jantung.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Nutrition Journal, alpukat sebenarnya telah dikenal untuk menurunkan sindrom metabolik pada orang dewasa, yang merupakan sekelompok kondisi seperti gula darah tinggi, kelebihan lemak tubuh, dan gula darah tinggi yang meningkatkan kemungkinan seseorang terkena penyakit jantung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement