Senin 15 Jan 2024 09:30 WIB

Minum Air Hangat Saat Perut Masih Kosong, Ini Manfaatnya

Air hangat ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Menuangkan air putih ke gelas (Ilustrasi). Minum air putih hangat memiliki manfaat kesehatan.
Foto: www.freepik.com
Menuangkan air putih ke gelas (Ilustrasi). Minum air putih hangat memiliki manfaat kesehatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak orang kian menyadari pentingnya tetap terhidrasi sepanjang hari. Tentunya, minum air menjadi salah satu cara paling sehat agar kebutuhan cairan dalam tubuh tetap tercukupi

Minuman hangat yang populer, seperti teh dan kopi, juga dapat membantu mencegah dehidrasi dan membawa manfaat kesehatan tersendiri. Namun, belum lama ini seorang dokter merekomendasikan minuman yang jarang diketahui manfaatnya untuk memberikan efek kesehatan yang besar.

Baca Juga

Berbicara kepada lebih dari dua juta pengikutnya di TikTok, dokter Kunal Sood menyarankan untuk rutin minum segelas air hangat dalam pola makan harian. Ada banyak manfaat yang akan dirasakan secara khusus, terutama saat diminum ketika perut masih kosong.

"Ada tiga alasan mengapa Anda harus mulai minum air putih (hangat) saat perut kosong," ujar dia seraya menambahkan caption "siapa yang menyukai air hangat?" dalam postingan-nya, seperti dilansir dari laman Express, Senin (15/1/2024).

 

Manfaat Pencernaan

Manfaat pertama dari minum air hangat yaitu akan meningkatkan fungsi pencernaan. Dokter Sood merujuk pada teori bahwa air hangat akan membantu tubuh melarutkan makanan yang biasanya sulit dicerna.

"Ada juga penelitian bahwa air hangat membantu mengatasi sembelit," kata dia.

Penelitian yang dirujuk oleh dr Sood ini diterbitkan dalam jurnal Gastroenterology Nursing pada 2016. Ditemukan bahwa minum air bersuhu 37 derajat Celsius memiliki "dampak baik pada pergerakan usus" dan mengurangi perut kembung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement