Rabu 04 Aug 2021 06:05 WIB

Ini Kopi yang Bisa Perlambat Metabolisme

Ada variasi kopi yang bisa perlambat metabolisme tubuh bila diminum di pagi hari.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Nora Azizah
Ada variasi kopi yang bisa perlambat metabolisme tubuh bila diminum di pagi hari.
Foto: Pxhere
Ada variasi kopi yang bisa perlambat metabolisme tubuh bila diminum di pagi hari.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di seluruh dunia, jutaan orang memulai pagi mereka dengan kopi. Tidak hanya rasanya yang lezat, tetapi juga menawarkan dorongan kafein dan energi yang sangat dibutuhkan untuk mengisi hari.

Sementara beberapa olahan kopi dapat memberikan berbagai manfaat, ada jenis kopi lain mungkin secara tidak sengaja menyebabkan kenaikan berat badan dan memperburuk metabolisme, memperburuk masalah kesehatan yang mungkin sedang Anda hadapi. Saat berusaha memperbaiki pola makan, ada satu variasi kopi yang tidak boleh dikonsumsi setiap hari untuk memastikan pagi sehat.

Baca Juga

Minuman kopi manis yang sarat dengan pemanis buatan dan krimer adalah beberapa yang terburuk bagi tubuh Anda, baik itu membeli di luar atau membuatnya di rumah. Minuman tersebut dapat menghambat kemajuan penurunan berat badan, bahkan memengaruhi metabolisme saat dikonsumsi setiap pagi.

“Dengan menambahkan pemanis atau krimer berkalori tinggi dan lemak, Anda meningkatkan kemungkinan minuman kopi biasa menyebabkan kenaikan berat badan karena kelebihan kalori,” kata Ahli Diet terdaftar Trista Best dilansir She Finds, Selasa (3/8).

Dia menjelaskan memulai pagi dengan masuknya gula pada kopi adalah cara mudah untuk membuat dan mendorong makan berlebihan sepanjang hari. Kopi sebenarnya merupakan tambahan yang bagus untuk diet menurunkan berat badan, dengan kopi hitam menjadi sumber energi memulai hari dan memicu metabolisme untuk meningkatkan pembakaran lemak. Namun, ketika diambil alih oleh pemanis berkalori tinggi, maka semua manfaat kesehatan dari secangkir kopi pagi akan hilang.

“Kit umumnya melihat kopi kami sebagai suguhan dan lupa mempertimbangkan kualitas nutrisi, atau kekurangannya, akan membantu atau menghambat upaya penurunan berat badan,” ujar Best.

Anda masih dapat menikmati kopi sebagai suguhan dan tidak perlu menghilangkan latte, tetapi jaga asupannya seminimal mungkin sehingga memungkinkan Anda untuk mencapai tujuan kesehatan lebih cepat dan mempertahankan diet seimbang.

Minuman kopi manis juga harus dihindari di pagi hari, karena semakin banyak gula yang Anda konsumsi, semakin Anda mendambakan sesuatu yang manis sepanjang hari.

“Ketika kita mengonsumsi banyak gula di pagi hari, glukosa kita akan melonjak yang menyebabkan respons insulin dan akhirnya mogok,” kata Best.

Siklus itu dapat menyebabkan makan berlebihan, lekas marah, dan kelelahan, yang semuanya dapat menyebabkan kenaikan berat badan secara langsung atau tidak langsung. Tak hanya itu, mengonsumsi gula secara teratur bisa membuat rasa ngidam Anda bertahan lama setelah makan. Tubuh membutuhkan setidaknya dua atau tiga minggu tanpa gula untuk menghilangkan hasrat itu.

Anda masih dapat menikmati kopi manis sesekali sebagai suguhan. Cobalah untuk mengurangi gula dengan menggunakan pemanis alami dalam kopi pagi Anda, dan Anda akan segera terbiasa dengan minuman yang lebih sehat, yang meningkatkan penurunan berat badan dan menawarkan energi cukup sepanjang hari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement