Selasa 10 Aug 2021 05:15 WIB

Daftar Makanan Ini Dianggap Bisa Picu Kanker

Pola makan sehat dan bernutrisi adalah pilihan terbaik untuk kesehatan.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Teguh Firmansyah
Ilustrasi Sel Kanker
Foto:

3. Alkohol

Menurut Grossman, konsumsi alkohol dalam jumlah yang banyak telah dikaitkan dengan kanker mulut, kerongkongan, perut, payudara, hati dan usus besar

4. Makanan dan minuman manis

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), hampir 2 miliar orang dewasa saat ini memiliki kelebihan berat badan, dan 650 juta di antaranya mengalami obesitas. Keadaan ini juga menjadi faktor risiko banyak kanker. Oleh karena itu, membatasi asupan minuman dan makanan manis bisa menjadi cara untuk mencegah obesitas.

Meski beberapa makanan telah dikaitkan dengan risiko kanker, Grossman mengatakan bahwa ada banyak hal yang tidak diketahui tentang hubungan antara makanan dan kanker. Sebab tidak ada studi yang benar-benar definitif pada manusia.

Untuk mencegah kanker, Grossman menyarankan agar setiap individu mengikuti diet seimbang dan membatasi makanan olahan, membatasi daging merah dan makanan manis, serta membatasi asupan alkohol.

"Saya selalu memberitahu orang-orang untuk mengonsumsi makanan utuh, seperti buah-buahan dan sayuran, daging tanpa lemak dan ikan tanpa garam. Kurangi konsumsi makanan kemasan,” jelas dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement