Jumat 30 Jul 2021 16:47 WIB

8 Minuman Tradisional Turki Ini Menarik Dicoba

Beberapa minuman yang populer di turki kerap dikonsumsi warga di seluruh negeri.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah
Minuman Turki Ayran (ilustrasi)
Foto: Pxfuel
Minuman Turki Ayran (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Teh merupakan minuman populer di Turki yang dikonsumsi warga di seluruh negeri, salah satunya teh hitam yang disajikan dengan cara tradisional dalam gelas berbentuk tulip. Begitu juga beberapa jenis kopi Turki seperti Menengiç dan Dibek. Selain itu, ada beberapa minuman lokal Turki lain yang tak kalah unik. Berikut beberapa di antaranya, seperti dikutip dari laman Medutur, Jumat (30/7).

1. Sherbet

Baca Juga

Sherbet dianggap sebagai salah satu minuman dingin, manis, tanpa alkohol terbaik di dunia, yang terbuat dari buah atau kelopak bunga. Ada berbagai rasa unik seperti lemon, mawar, delima, dan raspberry. Minuman ini populer di Iran, Turki, Afghanistan, Pakistan, India, Sri Lanka, Bangladesh, dan negara-negara Arab.

2. Ayran

Minuman dingin ini digemari di musim panas karena kesegaran dan rasanya yang unik. Ayran terbuat dari yogurt, air, dan garam. Minuman Ayran dalam kemasan dijual di seluruh Turki, tetapi jika mengunjungi kedai pedesaan, ada peluang mencoba Ayran tradisional buatan rumah dengan banyak busa.

Sejarah Ayran bermula dari masa suku nomaden Turki dan di beberapa budaya seperti Iran dan negara-negara Arab. Kombinasi minum Ayran sambil makan kebab kerap membuat turis yang mencobanya langsung jatuh cinta.

3. Tursu Suyu

Minuman jus buah ini terbuat dari acar sayuran, bit, wortel, bawang bombay, paprika, dan bawang putih. Setelah meminumnya di gelas pertama, kombinasi rasanya yang asin dan asam akan bertahan lama di mulut.  

4. Shira

Shira adalah pilihan minuman ideal di musim panas, biasa direkomendasikan saat menyantap hidangan daging. Shira terbuat dari anggur atau jus apel yang sedikit difermentasi dan memiliki warna kemerahan. Karena kandungan fruktosa tinggi, rasanya cenderung manis tapi jika waktu fermentasi minuman ini berkepanjangan, rasanya relatif asam.

5. Salgam

Minuman ini mungkin tidak populer di kalangan turis, tapi kerap dinikmati penduduk setempat. Salgam yang kaya vitamin C terbuat dari jus lobak, wortel ungu, garam dan merica, serta rempah-rempah, kemudian ditambah lagi dengan lobak dan difermentasi dengan Bulgur, sejenis gandum gurih kering.  

6. Salep

Salep sangat populer di Kota Istanbul, yang dijual oleh pedagang kaki lima di setiap sudut kota. Minuman panas ini populer di musim dingin, terbuat dari bubuk anggrek liar. Di masa lalu, Salep dibuat dari susu panas dan bubuk anggrek, alih-alih cokelat panas.  

7. Boza

Boza adalah semacam smoothie yang sangat dikenal sebagai minuman lokal Turki, lazimnya dinikmati di musim dingin. Bahan-bahan Boza adalah serealia millet, air, gula, dan ragi, yang difermentasi secara alami sehingga membuatnya sedikit beralkohol.  

Biasanya, kayu manis ditaburkan di atas minuman ini dan beberapa orang menyajikan Boza dengan sendok. Minuman lokal ini dianggap sangat bergizi dan digunakan untuk menghangatkan dan memperkuat tubuh, terutama pada hari-hari yang dingin.

8. Limun

Limun Turki biasa diminum pada hari-hari yang panas sepanjang tahun untuk memuaskan dahaga dan menikmati rasa asamnya yang sejuk. Untuk membuat minuman ini, penduduk setempat mengupas lemon lalu mencampurkan ekstraknya dengan air dan gula, lalu meminumnya setelah dingin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement