Kamis 29 Jul 2021 11:04 WIB

5 Jenis Hepatitis Akibat Virus, Kenali Cara Pencegahannya

Hepatitis yang disebabkan oleh virus ada lima jenis, yakni A, B, C, D, dan E.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Kasus Hepatitis A sempat merebak di Depok, Jawa Barat, pada akhir 2019 lalu. Hepatitis A, B, C, D, dan E semuanya disebabkan oleh virus dan dapat dicegah.
Foto:

Hepatitis pada dasarnya merupakan penyakit yang dapat dicegah. Selain vaksinasi, ada beberapa upaya pencegahan lain yang juga penting untuk diterapkan. Berikut ini adalah beberapa upaya pencegahan hepatitis tersebut.

Pencegahan Hepatitis A dan E

Menjaga kebersihan dan praktik higienitas yang baik merupakan kunci penting dalam mencegah penularan hepatitis A dan E. Praktik menjaga kebersihan ini penting untuk diterapkan di mana pun, termasuk ketika sedang berpergian.

Saat berpergian, usahakan untuk menghindari beberapa hal yang dapat berpotensi menjadi sumber penularan hepatitis A dan E. Hal-hal tersebut meliputi air lokal, es batu, kerang dan tiram yang mentah atau kurang matang, dan buah serta sayuran mentah.

Pencegahan Hepatitis B, C, dan D

Ketiga jenis hepatitis ini dapat ditularkan melalui darah yang terkontaminasi. Hal ini dapat dihindari dengan cara tidak berbagi jarum suntik, tidak menggunakan alat cukur yang sama dengan orang lain, tidak menggunakan sikat gigi orang lain, dan tidak menyentuh darah yang tercecer.

Pencegahan Hepatitis B dan C

Hepatitis B dan C juga dapat menular melalui hubungan seksual dan kontak seksual yang intim. Oleh karena itu, penting untuk menjauhi praktik hubungan seks bebas dan tak aman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement