Kamis 29 Jul 2021 04:55 WIB

Mual Setelah Olahraga? Ini Cara Mengatasinya

Pegal setelah berolahraga termasuk hal biasa, tidak demikian dengan mual.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Seroang warga berolahraga di Danau Sunter, Jakarta Utara, Selasa (27/7/2021). Ketahui cara mengatasi mual setelah berolahraga.
Foto:

Terlepas dari penyebabnya, ada beberapa upaya yang dapat membantu meringankan atau mencegah rasa mual setelah berolahraga. Berikut ini lima di antaranya, seperti dilansir Times Now News.

Jadwal makan

Jangan mulai berolahraga dalam kondisi perut penuh. Beri jarak yang sesuai antara jam makan dengan jam berolahraga. Hindari pula makanan tinggi lemak sebelum melakukan olahraga intens karena lemak cenderung bertahan lebih lama di lambung dan membutuhkan waktu lebih panjang untuk dicerna.

Jangan memaksakan

Bila rasa mual muncul di tengah sesi olahraga, coba untuk menurunkan atau menghentikan laju dan intensitas olahraga yang dilakukan. Posisikan kaki di atas dan biarkan darah mengalir ke area perut.

Saran dokter

Bila sudah merasa lebih baik setelah mual, coba untuk mencari saran dokter sebelum memulai kembali berolahraga. Bila kondisi tubuh memungkinkan, mulai olahraga secara perlahan.

Dekat dengan minum

Letakkan air putih atau minuman olahraga pada tempat yang mudah terjangkau ketika berolahraga. Dengan begitu, hidrasi tubuh saat berolahraga bisa lebih terjaga dengan baik.

Minuman olahraga

Sebuah studi dalam jurnal Sports Medicine mengungkapkan bahwa rasa mual setelah berolahraga bisa diredakan dengan meminum minuman olahraga yang mengandung multiple transportable carbohydrates seperti glukosa dan fruktosa. Penggunaan suplemen yang membantu tubuh membuat oksida nitrat juga dapat membantu.

Cara-cara ini dapat membantu meningkatkan aliran darah ke organ-organ perut. Akan tetapi, penelitian lebih lanjut masih dilakukan terkait hal ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement