Ahad 11 Jul 2021 17:38 WIB

5 Film Nominasi Cannes 2021 akan Tayang di Kanal Ini 

Festival Film Cannes berlangsung 6 sampai 17 Juli.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Dwi Murdaningsih
Industri film (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Industri film (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Festival Film Cannes berlangsung dengan protokol kesehatan ketat sejak 6 sampai 17 Juli 2021 di tengah pandemi yang masih melanda. Sejumlah film yang sudah diantisipasi para penikmatnya tayang dan bersaing di kategori Competition.

Dari deretan film tersebut, lima di antaranya segera dapat disaksilan melalui platform digital Indonesia, KlikFilm. Direktur KlikFilm, Frederica, mengungkapkan rasa senangnya karena daftar lima film yang akan tayang di KlikFilm masuk dalam nominasi Cannes.

 

"Sebuah kebahagiaan buat KlikFilm mendapat kepercayaan menghadirkan film-film yang masuk dalam nominasi Festival Film Cannes 2021. Saat ini kami sedang menunggu jadwal tayang resmi internasional dari pihak produser," kata Frederica lewat pernyataan resminya.

 

Lima judul itu antara lain Flag Day (Sean Penn - AS), A Hero (Asghar Farhadi - Iran), Petrov's Flu (Kirill Serebrennikov - Rusia), Nitram (Justin Kurzel - Australia), dan Aline: The Voice Of Love (Valerie Lemercier - Prancis).

 

Berikut sinopsis dari tiap sinema:

- Flag Day

Film mengisahkan seorang ayah yang menjalani kehidupan ganda sebagai pemalsu, perampok bank, dan penipu untuk menafkahi putrinya. Kisahnya mengadaptasi memoar karya Jennifer Vogel yang berjudul Flim-Flam Man: The True Story Of My Father’s Counterfeit Life.

 

- A Hero

Sutradara Iran Asghar Farhadi sekaligus menulis skenario untuk film ini. Dia melibatkan aktor Amir Jadidi dan Mohsen Tanabandeh sebagai pemeran. Pada Juni 2021, film tersebut terpilih untuk bersaing memperebutkan Palme d'Or di Festival Film Cannes 2021.

 

- Petrov's Flu

Karya kedua sutradara Kirill Serebrennikov yang masuk Cannes ini dianggap punya keterkaitan dengan kondisi terkini dunia, meski diproduksi sebelum pandemi. Mengadaptasi novel 2018 Alexey Salnikov The Petrovs In and Around the Flu, sinema memotret kehidupan sebuah kota di tengah pergolakan epidemi flu.

 

- Nitram

Ditulis oleh Shaun Grant, film ini didasarkan pada Pembantaian Port Arthur pada 1996 di Tasmania, di mana 35 orang tewas dan 23 lainnya terluka. Sinema arahan sutradara Justin Kurzel ini dirayakan karena masuk nominasi Cannes, tapi di sisi lain dianggap berisiko membuka kembali luka lama.

 

- Aline: The Voice Of Love

Sinema ini terinspirasi dari kehidupan musisi Céline Dion. Aktor, penyanyi, sekaligus sineas Prancis Valérie Lemercier menyutradarai dan juga berperan sebagai protagonis Aline Dieu. Seperti Dion yang punya manajer/suami René Angélil, Aline pun punya suami sekaligus manajer, Guy-Claude.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement