Jumat 09 Jul 2021 09:01 WIB

FDA Batasi Penggunaan Obat Alzheimer Aduhelm

Aduhelm merupakan obat produksi Biogen.

Rep: Puti Almas/ Red: Reiny Dwinanda
Kantor perusahaan bioteknologi Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat. Biogen merupakan produsen Aduhelm, obat yang disetujui FDA untuk digunakan pasien demensia ringan.
Foto:

Dilansir RT, keputusan FDA memberi Aduhelm pandangan lain telah menimbulkan pertanyaan tentang hubungan Biogen dengan regulator federal itu. Menurut paparan panjang yang diterbitkan oleh Stat pada bulan lalu dan berdasarkan wawancara dengan lebih dari puluhan pejabat, eksekutif perusahaan, dan ilmuwan, Biogen mengatur pertemuam setelah penolakan awal Aduhelm pada 2019.

Hal tersebut juga telah melanggar protokol FDA yang mengharuskan pertemuan semacam itu untuk direkam. Namun, sejak itu, badan tersebut mulai mempertimbangkan kembali Adulhelm, obat demensia yang kontroversial.

photo
Kenali gejala Alzheimer. - (Republika)

Atas kontroversi yang terjadi, FDA telah memerintahkan studi konfirmasi tindak lanjut untuk membuktikan bahwa Aduhelm benar-benar bekerja sebagaimana dimaksud. Biogen kemudian mengatakan bahwa persetujuan lanjutan akan tergantung pada temuannya.

Namun, FDA tidak akan memerlukan laporan akhir dari Biogen hingga 2030 alias hampir satu dekade sebelum putusan dijatuhkan, menurut surat persetujuan regulator itu. Sementara itu, obat tersebut, meskipun sekarang terbatas pada kasus demensia ringan, tampaknya dijadwalkan untuk tetap disetujui secara lebih lanjut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement