Jumat 02 Jul 2021 10:15 WIB

William dan Harry: Setiap Hari Kami Berharap Ibu Masih Ada

Pangeran William dan Harry tampak rukun saat resmikan patung Putri Diana.

Pangeran William (kiri) dan Pangeran Harry bertemu untuk meresmikan patung ibunya, Putri Diana, di Sunken Garden di Kensington Palace, London, Inggris, pada Kamis (1/7).
Foto:

William dan Harry ditemani oleh saudara-saudara Diana, yakni Charles Spencer, Sarah McCorquodale, dan Jane Fellowes di acara berskala kecil di Taman Sunken, salah satu tempat favorit Diana. Patung yang berwarna hijau kebiruan dan dirancang oleh Ian Rank-Broadley itu dibuat atas permintaan kedua pangeran pada tahun 2017 sebagai penghormatan kepada ibu mereka.

Kantor William mengatakan, mereka ingin patung itu mencerminkan dampak positif Diana di Inggris dan secara global. Mereka juga ingin untuk membantu generasi mendatang memahami "pentingnya posisi Diana dalam sejarah". 

William dan Harry baru berusia 15 dan 12 tahun ketika mobil berisi Putri Diana dan kekasihnya Dodi Al Fayed mengalami kecelakaan pada 1997 di terowongan Paris, Prancis ketika menghindari paparazi. Hampir seperempat abad sejak kejadian itu, Diana masih jadi sosok yang dikenang oleh banyak orang.

William dan Harry telah membuka diri mengenai trauma yang mereka alami semenjak kematian sang ibu. Keduanya juga menceritakan bagaimana insiden itu memengaruhi kesehatan jiwa mereka bertahun-tahun kemudian.

Cuplikan video dari peresmian patung memperlihatkan William dan Harry mengobrol bersama, bebas dari tanda-tanda pertengkaran yang merenggangkan hubungan mereka beberapa tahun belakangan Dua saudara kandung yang dulunya akrab itu kini hampir tidak berbicara satu sama lain.

Sejak mundur dari kerajaan tahun lalu, Harry beberapa kali bicara hal-hal yang menyerang keluarga serta institusi kerajaan. Tak terkecuali tuduhan rasisme yang dialaminya dan istrinya, Meghan, yang diungkapnya dalam wawancara bersama Oprah Winfrey.

Laporan media mengatakan, klaim itu membuat William murka. Mereka terakhir kali berjumpa pada April lalu di pemakaman sang kakek, Pangeran Philip.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement