Senin 28 Jun 2021 07:00 WIB

5 Cara Turunkan Tekanan Darah

Tekanan darah dapat diturunkan dengan mengubah gaya hidup.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Garam (Ilustrasi), Batasi konsumsi garam untuk menurunkan tekanan darah.
Foto:

3. Mengurangi berat badan

Dengan mengurangi berat badan, Anda dapat secara signifikan menekan tekanan darah. Perlu dicatat bahwa untuk setiap 10 kg penurunan berat badan dari tubuh, Anda mengurangi tekanan darah sebesar 5-10 mm/Hg.

4. Mengurangi stres

Stres dan hipertensi berkaitan erat. Tubuh kita secara alami dirancang menangani stres sementara, tetapi jika Anda selalu stres, ada lonjakan hormon dan pelepasan saraf simpatik yang menyebabkan pembuluh darah menyempit dan membebani jantung untuk memompa lebih keras.

Oleh karena itu, manjakan diri dalam kegiatan yang membantu mengurangi tingkat stres.

5. Pilih makanan sehat

Buat buku harian dan catat apa yang Anda makan selama sepekan. Ini akan membantu mengidentifikasi kebiasaan makan Anda yang sebenarnya dan kemudian mengubahnya dengan diet sehat.

Pilih diet yang kaya biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran. Sertakan lebih banyak potasium dalam diet Anda. Katakan tidak pada konsumsi alkohol dan tembakau. Saat pergi berbelanja, baca labelnya dan pilih makanan dengan bijak.

"Langkah-langkah di atas akan menunda timbulnya hipertensi pada populasi yang rentan dan membawa kontrol tekanan darah yang efisien pada mereka yang sedang menjalani pengobatan," kata dr Balakrishnan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement