Rabu 23 Jun 2021 12:51 WIB

Kebiasaan Ini Membuat Anda Menua Lebih Cepat

Ada lima kebiasaan yang harus dihentikan agar tetap sehat dan menunda penuaan.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Gaya hidup yang membuat Anda menua lebih cepat (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com.
Gaya hidup yang membuat Anda menua lebih cepat (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penuaan tidak bisa dihindari, tetapi Anda bisa menundanya. Jika Anda khawatir tentang penuaan dini dan ingin mengubah gaya hidup Anda untuk selamanya, inilah beberapa bantuan.

Beberapa dari hal-hal ini sangat umum dan mereka melakukannya setiap hari dengan sengaja atau tidak sengaja. Ini dia lima kebiasaan yang harus kamu jauhi agar tetap bertahan sehat dan menunda penuaan seperti dilansir di laman Times of India, Rabu (23/6):

1. Menghabiskan banyak waktu di depan layar gadget 

Terlalu banyak terpapar cahaya biru dari gadget bisa memicu penuaan dini. Hampir semua orang bekerja dari rumah. Segala pertemuan fisik dan kumpul-kumpul beralih ke platform daring. 

 

Anda benar-benar tidak dapat mengurangi waktu layar. Meski begitu, Anda dapat mengurangi waktu layar dengan mengurangi waktu media sosial dan menghindari 'pesta' menonton.

2. Tidak tidur tepat waktu

Tidak tidur tepat waktu adalah faktor lain yang dapat mengambil tahun dari hidup Anda. Jika Anda tidur larut malam dan tidak cukup tidur, Anda tidak hanya mempercepat penuaan tetapi juga mengundang penyakit kardiovaskular lainnya.

3. Merokok

Merokok berbahaya bagi kesehatan dan membuat Anda terlihat lebih tua dari usia Anda sebenarnya. Ini dapat memberi Anda tanda-tanda penuaan yang terlihat dan dapat sangat memengaruhi kesehatan. Merokok menghentikan kemampuan kulit untuk meregenerasi sel sehingga membuat Anda terlihat lebih tua.

4. Pola makan yang tidak sehat

Gaya hidup yang tidak banyak bergerak adalah penyebab terbesar di balik tubuh yang tidak sehat. Tidak makan sehat dan cukup bergerak dapat menambah lebih banyak kesengsaraan pada kulit Anda. Pilih untuk makan lebih banyak buah, jus, dan camilan sehat untuk menambah harapan hidup Anda.

5. Tidak merawat kulit

Anda mungkin melakukan segalanya dengan benar, tetapi tetap saja salah satu penyebab penuaan dini adalah karena ceroboh tentang kulit Anda. Anda tidak memerlukan rutinitas rumit untuk perawatan kulit. Cukup dengan membersihkan dan melembabkan kulit, serta menggunakan produk mengandung SPF.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement