Rabu 16 Jun 2021 00:50 WIB

ZOE: Sejak Awal Mei, Gejala Umum Covid-19 Tampak Berubah

Varian Delta menimbulkan gejala Covid-19 yang tampak berbeda dari sebelumnya.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Pasien Covid-19 dibawa ke RS Royal London, Inggris, Senin (14/6). Berdasarkan data dari ZOE Covid Symptom Study, gejala umum Covid-19 telah berubah sejak awal Mei 2021.
Foto:

Sementara itu, survei terkemuka lainnya di Inggris pada Februari mengidentifikasi Covid-19 dari gejala menggigil, kehilangan nafsu makan, sakit kepala, dan nyeri otot. Studi REACT yang dipimpin Imperial College London menyimpulkan keempat tanda itu paling kuat terkait infeksi Covid-19.

Prof Spector khawatir banyak anak muda tidak terdiagnosis dan menyebarkan virus lebih jauh. NHS menyarankan seseorang harus melakukan tes jika memiliki setidaknya satu dari tiga gejala utama, yakni batuk, demam, dan kehilangan bau/rasa. Namun, Spector menyerukan daftar itu diperluas agar melacak lebih banyak orang yang terinfeksi.

“Covid-19 bertindak berbeda sekarang lebih seperti flu pada populasi yang lebih muda ini dan orang-orang tidak menyadari hal ini. Orang mungkin berpikir mereka terkena flu musiman lalu mereka masih pergi ke pesta dan mereka mungkin menyebarkannya,” tutur Spector.

photo
Nama baru varian covid-19. - (republika)

Varian Delta telah menyebar di Inggris dalam hitungan pekan, di mana varian itu 60 persen lebih mudah menyebar. Mengingat jutaan orang di bawah 30 tahun belum menerima vaksinasi, apalagi pembatasan sosial telah dilonggarkan, varian baru diperkirakan lebih mudah tersebar. Kasus tertinggi terjadi pada pasien berusia sekitar 20 tahun.

Data dari Public Health England menunjukkan kasus meningkat dua kali lipat pada kelompok usia itu, yakni dari 54 menjadi 121 kasus per 100 ribu orang. Infeksi juga meningkat dari 47 menjadi 72 per 100 ribu orang pada usia 30-an.

“Jelas bahwa ini adalah epidemi di antara populasi yang tidak divaksinasi dan sebagian divaksinasi di Inggris,” kata Spector.

Varian Delta juga telah ditemukan di berbagai negara, termasuk Indonesia. Dalam rapat terbatas terkait penanganan Covid-19 di Istana Kepresidenan, Jakarta, pada Senin, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan, varian Delta telah ditemukan di DKI Jakarta, Kudus (Jawa Tengah), dan Bangkalan (Jawa Timur).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement