Kamis 03 Jun 2021 21:55 WIB

7 Kebiasaan Harian yang Buat Orang Tampak Lebih Tua

Kebiasaan harian ini terlihat tidak berbahaya tapi mempercepat penuaan.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Nora Azizah
Kebiasaan harian ini terlihat tidak berbahaya tapi mempercepat penuaan (Foto: ilustrasi)
Foto: www.freepik.com
Kebiasaan harian ini terlihat tidak berbahaya tapi mempercepat penuaan (Foto: ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak orang berharap terlihat awet muda dengan beragam upaya yang dilakukan. Sayangnya, kebiasaan sehari-hari yang kerap dijalani justru dapat membuat sebaliknya, membuat seseorang terlihat lebih tua.

Percaya atau tidak, ada beberapa kebiasaan sehari-hari yang sepertinya tidak berbahaya, namun justru ternyata mempercepat tanda penuaan. Berikut kebiasaan tersebut, seperti dilansir Eat This, Kamis (3/6).

Baca Juga

 

1. Minum Soda

Minum minuman yang dimaniskan dengan gula dapat menambah berat badan. Tapi minuman manis juga sebenarnya bisa membuat orang menua lebih cepat. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di University of California-San Francisco, penyuka minuman yang dimaniskan dengan gula seperti soda memiliki telomer yang lebih pendek, komponen sel yang menyimpan informasi DNA.

Telomer mulai panjang dan semakin pendek seiring bertambahnya usia; ketika mereka terlalu pendek, mereka mati. "Konsumsi soda yang dimaniskan secara teratur dapat mempengaruhi perkembangan penyakit metabolik melalui penuaan sel yang dipercepat," tulis penulis studi tersebut. 

 

2. Makanan Manis

Mengonsumsi apapun dengan gula berlebih dapat memberikan risiko penuaan, termasuk makanan manis. Sistem pendukung kulit, yang membuatnya tetap awet muda, terdiri dari senyawa kolagen dan elastin. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Clinical Dermatology, ketika kadar gula tinggi dikonsumsi, itu mengikat asam amino dalam kolagen dan elastin, menyebabkan kerusakan dan mempersulit tubuh untuk memperbaikinya.

 

3. Terlalu Banyak Minum Alkohol

Alkohol membuat kulit dehidrasi dan menyebabkan peradangan di seluruh tubuh, sehingga dapat muncul di wajah sebagai pembilasan, pembengkakan dan pembuluh kapiler rusak. Sebuah studi multinasional tahun 2019 terhadap lebih dari 3.200 wanita menemukan bahwa mereka yang minum lebih dari delapan minuman seminggu memiliki lebih banyak garis wajah bagian atas, bengkak di bawah mata, komisura mulut, kehilangan volume di bagian tengah wajah, dan pembuluh darah, dibandingkan wanita yang minum alkohol secukupnya atau tidak sama sekali.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement