Kamis 03 Jun 2021 21:37 WIB

4 Bagian Tubuh Ini Wajib Dibersihkan Setiap Hari

Terdapat beberapa bagian tubuh yang benar-benar harus dibersihkan setiap saat.

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah
Terdapat beberapa bagian tubuh yang benar-benar harus dibersihkan setiap saat.
Foto: www.freepik.com.
Terdapat beberapa bagian tubuh yang benar-benar harus dibersihkan setiap saat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kebersihan dapat menjaga kesehatan sekaligus meningkatkan kenyamanan hidup seseorang. Akan tetapi, seberapa rajin seseorang memelihara kebersihan? 

Menurut The New York Times, banyak orang Amerika yang malas mandi secara teratur selama setahun terakhir. Padahal, terdapat beberapa bagian tubuh yang benar-benar harus dibersihkan setiap saat. 

Baca Juga

“Mandi di malam hari lebih baik untuk kesehatan kulit Anda karena sejumlah alasan,” ungkap dokter kosmetik Rekha Tailor, MD, Express belum lama ini, dilansir Eat This, Kamis (3/6).

Dengan rutin melakukannya, maka akan dapat menghilangkan kotoran dari udara, termasuk kuman, polusi, debu yang berkumpul di siang hari, serta keringat menumpuk. Dengan mandi di malam hari, orang membersihkan kulit sebelum tidur sehingga kulit memungkinkan untuk beregenerasi dengan benar dalam semalam.

Berikut empat bagian tubuh yang perlu dibersihkan setiap harinya, termasuk di penghujung hari setelah selesai beraktivitas.

 

1. Kaki 

Menurut Tom Biernacki, PDM, ahli penyakit kaki dan ahli bedah kaki dan pergelangan kaki bersertifikat, bau kaki dan jamur kaki hanya dapat bertahan jika ada kulit mati atau kulit berkeringat di kaki. Jika dibiarkan, jamur kaki dan kuku jari kaki kemungkinan besar akan menyebabkan kutu air atau menginfeksi kuku, yang mungkin memerlukan pembedahan untuk mengangkatnya jika terinfeksi serius.

Pastikan untuk benar-benar menggosok kaki dan jangan hanya menggunakan sedikit air panas. "Kita mungkin kehilangan bagian antara jari-jari kaki kita dan di bawah kuku dan jamur dapat terbentuk, yang mengakibatkan infeksi jamur," kata Chris Airey, MD, direktur medis di Optimale serta dokter praktik di NHS. 

 

2. Bagian belakang telinga

Dijelaskan bahwa tidak membersihkan bagian belakang telinga secara teratur dapat menyebabkan "infeksi atau dermatitis seboroik, atau bahkan hanya bau tidak sedap". Banyak orang cenderung mengabaikan area yang tidak terlihat ini.

"Di belakang telinga memiliki lipatan kulit selain sejumlah besar kelenjar sebaceous," jelas Sandra El Hajj, MD, seorang dokter medis naturopati yang mengkhususkan diri pada kesehatan pencegahan. 

Kelenjar ini dapat mengumpulkan keringat saat mengeluarkan sebum. Akumulasi ini dapat menyebabkan penumpukan bakteri yang dapat menimbulkan bau seperti keju. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement