Sabtu 29 May 2021 13:53 WIB

Temani Anak Bermain Bantu Orang Tua Kurangi Stres

Jangan terlalu membatasi anak agar kreativitas mereka bisa berkembang.

Temani Anak Bermain Bantu Orang Tua Kurangi Stres. Sejumlah anak bermain permainan tradisional boi-boian saat ngabuburit dengan memainkan permainan (dolanan) tradisional anak di Kampung Dolanan, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (21/4/2021). Kegiatan ngabuburit dolanan tersebut bertujuan untuk melestarikan permainan tradisional sekaligus menunggu datangnya waktu berbuka puasa.
Foto:

Bermain tak harus dengan mainan yang mahal. Barang-barang bekas atau benda-benda di sekitar rumah bisa dimanfaatkan anak untuk bersenang-senang.

Kuncinya adalah berpikir kreatif. Orang tua bisa menstimulasi anak dengan memberi pertanyaan terbuka seperti, "Mau main apa hari ini?"

Ajak anak berpikir dan mencari tahu apa yang ingin mereka kerjakan hari itu. Kreativitas juga bisa dipelajari dengan cara meniru.

Orang tua bisa berkreasi mengubah barang bekas jadi mainan baru yang menarik. Ketika melihat orang tuanya membuat karya, anak akan tergerak mencoba hal serupa sehingga kreativitas mereka semakin tergali.

Ada kalanya orang tua atau pengasuh harus memberikan anak bermain secara mandiri agar mereka bisa mengeksplorasi imajinasi sebenas-bebasnya. Tapi bukan berarti anak didiamkan begitu saja.

Lontarkan pertanyaan mengenai apa yang mereka mainkan, berikan juga pujian dan apresiasi atas imajinasi mereka. Hal penting lain yang harus diingat orang tua adalah jangan terlalu membatasi anak agar kreativitas mereka bisa berkembang.

photo
Sejumlah anak bermain permainan ular tangga di Jalan Asep Berlian, Gang Wargaluyu, Cibeunying Kidul, Bandung Jawa Barat, Rabu (3/3/2021). Pengurus RW dan warga setempat berinisiatif untuk membuat permainan tradisional bagi anak melalui karya seni mural guna mengantisipasi anak kecanduan gawai di masa pembelajaran jarak jauh selama pandemi COVID-19. - (ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISI)

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement