Senin 03 May 2021 03:15 WIB

8 Cara Cegah Kenaikan Berat Badan

Penambahan berat badan dapat terjadi secara perlahan akibat gaya hidup.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Penambahan berat badan dapat terjadi secara perlahan akibat gaya hidup.
Foto:

Libur dari Pesan-Antar Makanan

Porsi makanan dari layanan pesan-antar makanan seringkali melebihi besaran porsi yang perlu dikonsumsi. Selain itu, makanan dari layanan pesan-antar juga kerap disertai dengan beragam pelengkap seperti saus atau dip untuk mencocol makanan yang tinggi kalori.

Oleh karena itu, penting untuk tidak selalu bergantung pada makanan dari layanan pesan-antar. Sekalipun ingin memesan makanan seperti ini, tetap perhatikan porsi dan batasi konsumsi saus secukupnya saja.

Timbang Berat Badan

Studi mengungkapkan bahwa orang-orang yang menimbang berat badan setiap hari cenderung lebih sukses dalam menjaga atau menurunkan berat badan. Akan tetapi, sebagian orang mungkin akan merasa lebih tertekan bila melihat fluktuasi berat badan mereka setiap hari.

Bila merasa seperti itu, cukup lakukan penimbangan berat badan sekali dalam sepekan saja. Menimbang berat badan sepekan sekali dapat menjadi pengingat untuk tetap berolahraga dan menjaga pola makan.

Selain itu, perlu diingat bahwa berat badan akan mengalami fluktuasi sepanjang hari atau pekan sekitar 1-2 kilogram. Bila masih dalam fluktuasi yang normal, jangan terlalu mengkhawatirkan angka pada timbagan.

Makan Seimbang

Upayakan setengah dari piring makan diisi oleh sayuran dan buah yang beragam, setiap kali akan makan. Pada sisi lain piring, isi dengan sumber karbohidrat dan protein dengan proporsi yang sesuai.

Mengatur proporsi makan seperti ini dapat memangkas sekitar 100-150 kalori per satu kali makan dibandingkan biasanya. Selain itu, proporsi protein, serat, dan cairan yang sesuai dengan kebutuhan juga dapat memberikan rasa kenyang lebih lama dengan jumlah kalori yang lebih sedikit.

"(Untuk protein) pilih daging tanpa lemak, unggas, dan ikan," jelas ahli gizi Summer Yule MS RDN.

Jangan Musuhi Makanan Tertentu

Menerapkan diet restriksi dan menjauhi jenis makanan tertentu dapat memicu terjadinya makan berlebih dan binging di kemudian hari. Berikan kebebasan kepada diri sendiri untuk menentukan jenis makanan ao yang ingin dikonsumsi. Cukup perhatikan porsi makanan yang dikonsumsi saat bersantap.

Tidur dan Kurangi Stres

Selain pola makan, kecukupan tidur dan tingkat stres juga perlu diperhatikan. Stres berlebih dan kurang tidur dapat meningkatkan kadar kortisol dan mempengaruhi hormon lapar.

Selain itu, tubuh terkadang keliru dalam membaca sinyal lapar, haus, dan kelelahan. Oleh karena itu, tak jarang seseorang mungkin merasa lapar padahal sebenarnya dia sedang haus atau kelelahan.

Pastikan mendapat sekitar 7-8 jam tidur per malam. Coba untuk bersiap tidur 30 menit lebih awal dari jadwal tidur. Pastikan suasana tempat tidur juga mendukung, seperti gelap dan terhindar dari paparan cahaya biru gawai atau perangkat elektronik. Olahraga rutin juga dapat membantu memperbaiki kualitas tidur dan kadar stres.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement