Senin 12 Apr 2021 06:57 WIB

5 Minuman Terbaik Atasi Brain Fog

Penyebab dari 'brain fog' itu sendiri cukup sulit untuk diketahui.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Brain fog merupakan sebuah kondisi di mana seseorang mengalami gejala-gejala yang tak nyaman dan menyulitkan seperti sulit berkonsentrasi, mengalami masalah ringan terkait daya ingat, pemikiran kabur, hingga kelelahan.
Foto:

Jamur Pom Pom

Jamur pom pom atau dikenal juga sebagai lion's mane memiliki efek yang dapat membantu meningkatkan daya ingat. Selain itu, jamur ini juga memiliki efek neurotropik dan dapat memabntu saraf-saraf di otak untuk bertumbuh. Ahli herbal Daniela Turley mengatakan klien-kliennya mengalami peningkatan fokus dan memori setelah mengonsumsi jamur ini.

Selain disantap, jamur pom pom juga bisa ditemukan pada minuman. Jamur pom pom juga dijual dalam bentuk bubuk yang bisa digunakan dalam beragam jenis minuman.

Rhodiola Tincture

Herbal rhodiola tincture telah lama digunakan untuk membantu meningkatkan fokus dan memori, menurut Turley. Truley mengatakan rhodiola tincture dapat menstimulasi neurotransmitter tertnetu, termasuk dopamine dan acetylcholine.

Herbal ini juga diketahui memiliki efek antioksidan yang ampuh. Beberapa bukti telah mendukung penggunaan rhodiola tincture untuk memperbaiki fokus dan memori.

Rhodiola tincture memang hadir dalam bentuk cairan, akan tetapi bukan berarti satu botol rhodiola tincture bisa diminum sekaligus. Rhodiola tincture akan lebih baik digunakan sebagai campuran dalam sebuah minuman.

Jus Bit

Jus bit dapat membantu meningkatkan jumlah oksigen yang mencapai ke otak. Selain itu, konsumsi bit juga dinilai dapat membantu fungsi kognitif secara umum.

Studi yang dilakukan oleh peneliti University of Exeter menemukan bahwa minum jus bit dapat menunjang bakteri-bakteri di mulut yang berkaitan dengan pembuluh darah yang lebih sehat dan perbaikan fungsi otak.

Seperti diketahui, ada bakteri mulut yang berperan dalam mengubah nitrat menjadi nitric oxide. Nitric oxide dapat mendukung kesehatan otak karena nitric oxide erupakan vasodilator yang meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh.

Orang-orang usia lanjut memiliki kadar nitric oxide yang lebih rendah. Kondisi tersebut dapat berkontribusi pada terjadinya demensia vaskular.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement