Ahad 11 Apr 2021 15:38 WIB

Perbedaan Vaksin Covid-19 Pfizer, Moderna, dan J&J

Ketiga vaksin Covid-19 ini digunakan di AS, dan terbukti aman.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Nora Azizah
Moderna, Pfizer-BioNTech, dan Johnson & Johnson (J&J), masing-masing telah membuat vaksin yang aman dan efektif untuk Covid-19.
Foto:

Moderna

Vaksin Moderna (juga vaksin mRNA) diberikan EUA oleh FDA pada 18 Desember 2020, dan orang pertama kali mulai menerima dosis vaksin segera setelah itu. Vaksin Moderna membutuhkan dua dosis, selang empat pekan. 

Orang yang menerima vaksin Moderna dianggap divaksinasi penuh dua pekan setelah dosis kedua. Studi menunjukkan bahwa vaksin 90 persen efektif pada orang dewasa. Moderna saat ini sedang menguji booster melawan varian Afrika Selatan.

Vaksin Moderna telah disetujui untuk orang dewasa yang berusia di atas 18 tahun. Seperti vaksin Pfizer-BioNTech, vaksin Moderna belum disetujui secara resmi bagi perempuan hamil. Sebuah studi baru-baru ini menemukan, ibu baru dan ibu hamil yang menerima vaksin Moderna atau Pfizer juga telah menularkan antibodi kepada anak-anak mereka. Moderna juga telah memulai uji coba pada anak-anak kecil.

Vaksin Moderna memiliki efek samping yang serupa dengan yang dilaporkan pada vaksin virus corona lainnya. Vaksin Moderna mungkin lebih mungkin menghasilkan reaksi kulit sementara yang ringan, seperti kemerahan di sekitar tempat suntikan sekitar sepekan setelah menerima dosis vaksin.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement