Selasa 23 Mar 2021 00:03 WIB

Hati-Hati, Pantang Makan Ini Sebelum Tidur

Salah satu faktor yang berpengaruh terhadap kualitas tidur adalah makanan.

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah
Salah satu faktor yang berpengaruh terhadap kualitas tidur adalah makanan.
Foto:

Ganti dengan makanan lain

Karbohidrat dapat membantu mengantar tidur lebih baik, dengan catatan memilih yang tepat. Dibandingkan kue, asupan seperti biji-bijian, oatmeal yang kaya akan asam amino triptofan, dan diubah menjadi serotonin, neurotransmitter akan membantu lebih rileks. Berikut empat jenis asupan yang direkomendasikan sebagai pengantar tidur, menurut Frances Largeman-Roth, RDN, pakar nutrisi, sekaligus penulis buku "Smoothies & Juices: Prevention Healing Kitchen".

Ceri tart

Ceri membantu pemulihan pasca olahraga, tetapi buahnya juga bermanfaat untuk mendapatkan tidur malam lebih nyenyak. Satu studi menemukan bahwa subjek lansia yang minum jus ceri Montmorency dua kali sehari selama 14 hari mampu tidur selama 84 menit lebih lama daripada kelompok plasebo.

Anggur

Manis alami dan menyehatkan jantung dari anggur juga mengandung melatonin, hormon pengatur siklus tidur-bangun tubuh. Alih-alih mengakhiri malam dengan camilan manis, seperti es krim atau kue, cobalah mengunyah anggur segar. Atau jika lapar, buat sandwich selai kacang dengan anggur sebagai pengganti jelly.

Susu

Ibu selalu merekomendasikan secangkir susu hangat sebelum tidur untuk membantumu tidur. Memang benar, susu mengandung asam amino triptofan, yang diubah menjadi serotonin. Selain itu, segelas susu seberat 8 ons (baik skim atau utuh) mengandung 8 gram protein, yang dapat membantu merasa lebih kenyang sebelum berangkat tidur. Terakhir, kenyamanan yang diberikan oleh segelas susu hangat mungkin merupakan hal yang tepat untuk membantu menenangkan saraf. Teh kamomil yang menenangkan juga bisa membantu, atau bahkan es loli Blueberry-Chamomile dan Mint.

Ikan berlemak

Ikan berlemak, termasuk salmon, tuna, herring, dan sarden, menawarkan sumber protein yang baik, bersama dengan sejumlah besar asam lemak omega-3 dan vitamin D, yang terlibat dengan regulasi serotonin, neurotransmitter daripada efek tidur. The Dietary Guidelines merekomendasikan makan ikan 2 hingga 3 kali per pekan, untuk mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan dan tidur nyenyak dengan Alpukat Salad-Stuffed Salmon Valerie Bertinelli.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement