Senin 08 Mar 2021 00:05 WIB

Studi: Tidur tanpa Busana Bantu Tingkatkan Kualitas Tidur

Studi ini dibuktikan terhadap ribuan orang di berbagai belahan dunia.

Rep: Eva Rianti / Red: Nora Azizah
Sebuah studi baru menunjukkan bahwa tidur tanpa busana dapat meningkatkan kualitas tidur.
Foto: www.freepik.com
Sebuah studi baru menunjukkan bahwa tidur tanpa busana dapat meningkatkan kualitas tidur.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Sebuah studi baru menunjukkan bahwa tidur tanpa busana dapat meningkatkan kualitas tidur. Hal itu dibuktikan melalui penelitian yang dilakukan The Dozy Owl terhadap ribuan orang di berbagai belahan dunia.

Dilansir dari Fitandwell, Ahad (7/3), Ahli Tidur The Dozy Owl melakukan penelitian terhadap 2.680 koresponden di seluruh dunia untuk meneliti rapid eye movement (REM) tiap orang. Para peserta diminta untuk merekam siklus tidur REM mereka, hingga masuk ke dalam kondisi tidur nyenyak melalui pelacak tidur. Rata-rata REM menunjukkan angka 20—25 persen memiliki waktu tidur total.

Baca Juga

Dari penelitian tersebut, terlihat para koresponden yang tidur telanjang menghasilkan tidur yang paling nyenyak dengan tidur REM 26,5 persen lebih baik dari rata-rata. Kemudian dilanjutkan dengan mereka yang mengenakan kaos dan celana pendek dengan rata-rata mendapatkan tidur REM sebanyak 26 persen. Sementara itu, bagi yang berbusana kombinasi piyama kaos dan celana klasik cenderung lebih rendah angka tidur REM-nya.

“Apa pun yang Anda lakukan, hindari kombinasi piyama kaos dan celana klasik. Ini benar-benar dapat mengurangi waktu yang Anda habiskan dalam tidur REM: peserta yang memakainya mencatat rata-rata tidur REM hanya 17,5 persen,” terang The Dozy Owl. 

Menurut The Dozy Owl seseorang perlu memiliki salah satu pelacak kebugaran atau jam tangan kebugaran. Hal itu yang berfungsi untuk melakukan pelacakan tidur agar dapat mengetahui apakah kualitas tidurnya nyenyak atau justru buruk.

“Seiring waktu, Anda dapat mengatur kebiasaan, kombinasi piyama, dan variabel mana yang membuat Anda mendapatkan kualitas tidur terbaik,” lanjutnya.

The Dozy Owl melanjutkan, untuk semakin membikin nyenyak saat tidur, gunakan salah satu lampu SAD. Alih-alih segera membangunkan dengan suara dering yang keras, lampu SAD secara bertahap menerangi kamar dengan cahaya hangat yang mensimulasikan sinar matahari dan meningkatkan suasana hati di pagi hari.

Hal lain yang bisa dilakukan adalah dengan menambahkan sedikit aroma lavender ke dalam diffuser untuk minyak esensial atau memilih salah satu alas kasur ternyaman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement