Senin 22 Mar 2021 14:54 WIB

Sejumlah Manfaat Teh Bagi Kekebalan Tubuh

Teh mengandung sejumlah zat yang bagus untuk kekebalan tubuh.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Nora Azizah
Teh mengandung sejumlah zat yang bagus untuk kekebalan tubuh.
Foto: Pixabay
Teh mengandung sejumlah zat yang bagus untuk kekebalan tubuh.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Teh merupakan salah satu bahan minuman yang kaya manfaat dan mudah didapatkan. Berbagai macam jenis teh, seperti teh hitam dan teh hijau dapat membantu kita menurun berat badan hingga menangkal penyakit kronis.

Berikut beberapa manfaat teh jika kita meminumnya dengan rutin bahkan untuk fungsi kekebalan tubuh, seperti yang dilansir laman Eat This, Senin (22/3).

Baca Juga

1. Teh penuh dengan antioksidan yang mendukung fungsi kekebalan tubuh

Kebanyakan teh mengandung polifenol, sejenis antioksidan yang terbukti dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Menurut Harvard Health, polifenol ini dapat membantu menurunkan risiko penyakit seperti diabetes dan bahkan penyakit kardiovaskular.

Antioksidan juga merupakan kunci untuk fungsi kekebalan. Menurut Penn Medicine, teh bermanfaat untuk sistem kekebalan tubuh, yang merupakan kunci untuk menangkal jenis penyakit ini.

Kandungan polifenol teh ditemukan di semua jenis teh, termasuk teh hitam dan teh hijau yang populer. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh jurnal Current Pharmaceutical Design, selain berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, kandungan ini juga mengurangi risiko penyakit kronis.

2. Teh dapat membantu mengontrol gula darah

Gula darah penting untuk dikontrol dalam pengawasan sistem tubuh yang sehat dan menurunkan kolesterol. Dengan menjaga gula darah tetap terkendali melalui makan dan olahraga yang lebih sehat, kita dapat menurunkan kolesterol "jahat" LDL, yang terkait dengan penyakit kronis.

Meskipun makan sehat dan olahraga masih merupakan praktik yang baik untuk mengontrol gula darah, dengan menambah untuk minum teh secara rutin, maka dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Sebagai ketidakseimbangannya dapat membantu sistem kekebalan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement