Ahad 21 Mar 2021 03:08 WIB

Trik Kembali Tidur Cepat Bila Terbangun Tengah Malam

Sulit kembali tidur bisa memunculkan perasaan lelah di keesokan paginya.

Rep: Adysha Citra Ramadhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Bangun tidur (ilustrasi)
Foto:

Di samping itu, ada beberapa kebiasaan yang juga dapat membantu menciptakan kualitas tidur yang baik dan tak terganggu di malam hari. Salah satu yang direkomendasikan oleh spesialis ilmu tidur Suzanne Bertische MD MPH dari Beth Israel Deaconness Medical Center adalah membiasakan tubuh untuk bangun dan tidur di jam yang sama setiap hari. Kebiasaan ini tetap harus dilakukan di hari-hari libur.

Hal lain yang juga dianjurkan Bertische adalah pergi ke tempat tidur ketika rasa mengantuk sudah muncul. Namun bila dalam kondisi tersebut tetap tak bisa tidur, Bertische menyarankan untuk menulis hal-hal apa saja yang membuat mata tetap terjaga. Kegiatan seperti yoga, latihan pernapasan, atau teknik relaksasi lain juga dapat membantu.

Hal lain yang disarankan adalah membuat lingkungan kamar tidur menjadi gelap dan dingin. Hindari pula penggunaan perangkat elektronik paling tidak dua jam sebelum jam tidur.

Yang tak kalah penting, pastikan kamar tidur hanya digunakan untuk dua hal yaitu tidur dan aktivitas seksual. Hindari melakukan aktivitas lain sperti bekerja di dalam kamar tidur. Kebiasaan tersebut akan membuat otak berpikir bahwa kamar tidur merupakan tempat untuk berkegiatan secara aktif.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement