Jumat 19 Mar 2021 00:10 WIB

Kebiasaan Sepele yang Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

Kebiasaan ini jarang disadari, padahal bisa menentukan kesehatan seseorang.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Kebiasaan ini jarang disadari, padahal bisa menentukan kesehatan seseorang (Foto: ilustrasi)
Foto: www.freepik.com.
Kebiasaan ini jarang disadari, padahal bisa menentukan kesehatan seseorang (Foto: ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada beragam kebiasaan dalam keseharian yang turut berperan dalam menentukan kondisi kesehatan seseorang. Sayangnya, sebagian dari kebiasaan tersebut jarang disadari banyak orang.

Setidaknya ada 19 kebiasaan yang dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan dan perlu dihindari. Berikut ini adalah ke-19 kebiasaan tersebut, seperti dilansir EatThis, Kamis (18/3).

Baca Juga

Tidak Merapikan Kasur di Pagi Hari

Kebiasaan merapikan kasur di pagi hari tampak berkaitan dengan kesehatan fisik dan juga mental. Studi mengungkapkan bahwa 59 persen orang tidak merapikan kasur mereka di pagi hari. Di antara orang-orang ini, sebanyak 62 persennya merasa tidak bahagia.

Sebaliknya, orang-orang yang terbiasa merapikan kasur mereka di pagi hari cenderung memiliki pekerjaan yang baik. Mereka juga cenderung lahraga teratur dan memiliki rumah sendiri.

Tak Habiskan Es Krim dan Menyimpannya Kembali

Banyak orang yang mungkin pernah menyantap es krim langsung dari wadahnya, lalu menyimpan sisa es krim tersebut kembali ke lemari es. Bila es yang tersisa sudah dalam kondisi cukup cair, es tersebut dapat menjadi tempatyang ideal untuk bertumbuhnya bakteri.

Biasakan untuk mengambil es krim secukupnya saja dari wadah ke mangkuk dengan sendok bersih. Setelah itu, langsung simpan kembali es krim di dalam wadah ke lemari es.

Terlalu Banyak Tidur

Tidur yang cukup memang baik dalam menunjang kesehatan. Akan tetapi, tidur berlebih berkaitan dengan peningkatan risiko penyakit jantung, diabetes, dan kematian dini. Tidur berlebih juga dapat menjadi tanda dari depresi atau gangguan apnea tidur obstruktif.

Menonton Tengah Malam

Televisi dan gawai memancarkan cahaya biru. Paparan cahaya biru di malam hari dapat mengganggu ritme jam biologis tubuh, sehingga pola tidur ikut terdampak.

Kondisi atau suasana yang gelap di malam hari diperlukan oleh tubuh untuk memproduksi hormon melatonin yang dapat memunculkan perasaan mengantuk. Sebaliknya, cahaya biru dapat mengganggu produksi hormon melatonin. Batasi menonton televisi atau menggunakan gawai setidaknya dua jam sebelum jam tidur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement