Sabtu 27 Feb 2021 22:40 WIB

Tip Merawat Payung Agar Tetap Awet

Payung bisa awet sampai lima tahun bila dirawat dengan baik dan benar.

Rep: Farah Noersativa Nabila/ Red: Yudha Manggala P Putra
Payung (ilustrasi)
Foto:

Payung yang rusak pada rangka pun tak bisa sembarangan diperbaiki. Repotnya, kita harus mendatangi tempat servis payung untuk memperbaiki rangka payung kita yang telah rusak. Sayangnya, orang-orang lebih banyak memilih untuk membeli payung lagi ketimbang memperbaiki payung.

“Kalau memperbaiki sendiri sebenarnya agak sulit. Biasanya kita bisa datang ke tempat-tempat jual payung, untuk memperbaikinya. Sebab, ada bagian khusus, di mana tak semua orang bisa memperbaikinya sendiri,” tutur Johanes.

Dalam merawat payung, tak menutup kemungkinan kita bisa mencuci payung agar payung tetap bersih, cantik, dan awet.

Product Manager jenama toko payung Istana Payung, Vincensius Yerukho mengatakan, cara pertama adalah dengan mencuci payung dengan air bersih setelah digunakan. "Cuci dengan air mengalir mulai kain-kainnya, sampai bagian dalam payung," kata Vincen.

Cara yang kedua adalah mencucinya dengan sabun atau jeruk nipis sebagai pembersih payung. Usapkan sabun atau jeruk nipis ke bagian luar dan dalam kain.

Vincen menekankan, dalam mencuci payung, sebaiknya kita tidak menggunakan sikat dengan bulu sikat yang keras seperti sikat kawat. Hal itu dapat menyebabkan kerusakan jenis cat kain pada payung.

Selanjutnya, penting bagi kita untuk membiarkan payung mengering secara alami. Vincen tidak menyarankan untuk mengeringkan payung yang telah dicuci dengan menggunakan pengering seperti hair dryer.

"Setelah selesai dicuci dan kering sempurna, kita lipat dengan tepat dan masukkan ke sarung payung kembali," kata Vincen.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement