Ahad 14 Feb 2021 21:49 WIB
...

Ini Alasan Mengapa Kita Harus Mendapatkan Vitamin D

Vitamin D biasa kita dapatkan dengan mudah dari sinar matahari.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Endro Yuwanto
Vitamin D (Ilustrasi)

Adanya pandemi, asupan vitamin D menjadi jauh lebih penting. Oleh karena itu memastikan tingkat vitamin D kita cukup, juga dapat membantu mendukung suasana hati kita.

Penelitian juga menunjukkan bahwa kadar vitamin D dapat berdampak pada kondisi medis seperti multiple sclerosis, rheumatoid arthritis, diabetes, penyakit kardiovaskular, dan infeksi mikroba.

Seorang ahli nutraceutical dan suplemen Julie Birch mengatakan, ada dua jenis vitamin D, yaitu D2 dan D3. Saat kita mencari kapsul, sebaiknya fokus pada jenis yang terakhir.

Meskipun kita bisa mendapatkan beberapa dari makanan, kecil kemungkinan akan mencapai jumlah yang disarankan hanya dari itu. “Vitamin D3 disintesis di kulit melalui paparan radiasi UVB, sementara vitamin D2 diproduksi di berbagai bahan tanaman, ragi, dan jamur saat terkena radiasi UVB. Kita bisa mendapatkan kedua jenis makanan ini dengan mengkonsumsi produk hewani atau tumbuhan yang mengandung keduanya,” jelas Birch.

Birch menekankan, vitamin D3 adalah bentuk terbaik vitamin D. Sebab, vitamin D3 diketahui dapat meningkatkan fungsi sel kekebalan tubuh termasuk sel-T dan makrofag yang penting dalam memerangi patogen tubuh kita.

Vitamin D3 juga berperan dalam melemahkan respons imun tubuh terkait peradangan. Tentu saja, hal ini juga perlu ditambahkan jumlah nutrisi lain yang direkomendasikan. “Dan ketahuilah bahwa meskipun sinar matahari dapat membantu mendapatkan vitamin D, terlalu banyak paparan dapat meningkatkan risiko kanker kulit,” jelas dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement