Ahad 07 Feb 2021 21:18 WIB

Gagal Diet Bila Makan Malam di Waktu Ini

Ada waktu terburuk untuk makan malam ketika seseorang sedang menurunkan berat badan.

Rep: Mimi Kartika/ Red: Nora Azizah
Ada waktu terburuk untuk makan malam ketika seseorang sedang menurunkan berat badan (Foto: ilustrasi)
Foto:

"Tingkat aktivitas Anda berkurang secara signifikan setelah waktu ini dan Anda cenderung tidak membakar kalori yang Anda konsumsi," kata dia.

Menurut dia, makan malam lebih awal akan memungkinkan seseorang membakar makanan sebagai energi sepanjang sisa hari. Hal ini dapat meningkatkan peluang untuk menurunkan berat badan.

Langkah ini juga akan membuat seseorang tidak makan berlebihan, dibandingkan makan malam di waktu ketika sangat lapar. Tidur adalah kata kunci lain dalam penurunan berat badan yang sehat dan makan malam terlalu larut dapat membuat lebih sulit mendapatkan malam layak.

"Pengaturan waktu juga penting untuk kualitas tidur. Mengonsumsi makanan yang mengganggu sistem pencernaan atau makan dalam porsi besar dapat membuat Anda sulit tertidur atau tertidur," kata Richards.

Ia menegaskan, makan lebih awal tidak hanya akan memungkinkan dapat memaksimalkan tingkat energi, melainkan akan meningkatkan peluang untuk tidur malam yang nyenyak. Tidur nyenyak sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan.

Untuk mencapai penurunan berat badan yang paling efektif, penting memastikan semua kebiasaan selaras. Makanan sehat bukan satu-satunya faktor yang menentukan keberhasilan penurunan berat badan.

Makan malam lebih awal di malam hari akan memungkinkan tubuh memaksimalkan kemampuannya untuk memetabolisme makanan, serta menutup waktu untuk tidur malam yang nyenyak. Jika berat badan tidak kunjung turun meskipun sudah melakukan dengan benar, pertimbangkan untuk makan malam lebih awal demi hasil yang lebih baik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement