Kamis 22 Nov 2018 01:11 WIB

Saat Diet Gagal, Apa yang Terjadi pada Tubuh? (2-Habis)

Ketika gagal diet, nutrisi sehat yang masuk ke tubuh berkurang.

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari
Upaya menurunkan berat badan tidak hanya dipengaruhi faktor makanan.
Foto: Pxhere
Upaya menurunkan berat badan tidak hanya dipengaruhi faktor makanan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anda tentu sering menghadapi godaan menjalankan diet, seperti akhir pekan dan libur panjang, waktu di mana Anda berkumpul sambil makan bersama teman-teman. Sangat mudah tergoda dan akhirnya usaha diet pun gagal.

Dokter Julianne menjelaskan bagaimana kegagalan diet memengaruhi tubuh, sehingga Anda perlu mempertimbangkannya kembali, dilansir dari Cosmopolitan.

Baca Juga

Sistem kekebalan tubuh melemah

Gagal diet berarti mencabut mineral esensial dan vitamin dari tubuh, sehingga melemahkan sistem kekebalan tubuh. Julianne mengatakan saat diet Anda mengurangi jumlah makanan berlemak dan lebih banyak menyerap vitamin yang larut dalam lemak, seperti A, D, E, dan K. Vitamin ini diperlukan untuk mendukung sistem kekebalan tubuh. Jika jumlahnya kurang, ini menyebabkan masalah di masa depan.

Bau mulut hingga kerusakan fungsi organ

Diet rendah karbohidrat memungkinkan tubuh memecah asam lemak untuk menghasilkan keton dan membuat berat badan turun beberapa kilogram. Gagal diet menimbulkan efek samping merusak, mulai dari mual, bau mulut, hingga masalah fungsi hati dan ginjal.

Merusak rambut dan kulit

Ketika gagal diet, Anda mengurangi nutrisi sehat yang masuk ke tubuh. Pada gilirannya bisa berdampak negatif pada penampilan fisik, seperti rambut dan kulit. Anda mungkin terlihat loyo, kulit kering, kembali berjerawat, dan rambut mulai rontok.

Mudah lelah

Gagal diet menyebabkan berkurangnya glikogen yang mengikat air dan akhirnya menyebabkan tubuh kehilangan energi banyak. Ini membuat Anda mudah lelah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement