Kamis 28 Jan 2021 01:26 WIB

Makan Gorengan Tetap Bisa Sehat, Begini Caranya

Pilihan minyak dan proses memasak tentukan level sehat dari gorengan

Rep: Santi Sopia/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Gorengan, makanan yang digemari masyarakat Indonesia. Pilihan minyak dan proses memasak tentukan level sehat dari gorengan
Foto:

Bijak pilih minyak 

Lebih lanjut Maya menambahkan minyak goreng juga memiliki kandungan baik, seperti omega 3-6-9. Minyak kelapa, sawit dan zaitun, misalnya, merupakan jenis minyak yang baik.

"Di dunia selalu ada pro kontra , nggak ada yang 100 persen. Tapi dalam minyak ada beberapa asam lemak, termasuk minyak kelapa yang dipanaskan 180 derajat, kualitasnya masih lumayan bagus," tambah dokter yang juga praktik di Rumah Sakit TNI Angkatan Laut Dr. Mintohardjo.

Banyak pula yang pro minyak ganola. Padahal, itu sintetik alias campuran yang melalui proses pabrikasi. Minyak kelapa atau sawit yang terjangkau dan juga berkandungan baik justru tidak apa-apa, apalagi di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang semakin dibutuhkan.

Maya juga memaparkan studi yang menyoroti kelompok berisiko penyakit dengan yang tidak, akibat makanan digoreng. Ternyata perbedaan ini dikarenakan pemilihan minyak dan kontrol memasak. Saat masak di rumah lebih bisa mengontrol pemakaian minyak dibandingkan makan di tempat lain.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement