Sabtu 16 Jan 2021 21:16 WIB

4 Kebiasaan Makan yang Hanya Timbulkan Masalah Kesehatan

Kebiasaan makan bisa berdampak buruk bagi kesehatan dan memperpendek harapan hidup.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Kebiasaan makan bisa berdampak buruk bagi kesehatan dan memperpendek harapan hidup (Foto: ilustrasi)
Foto:

Konsumsi Makanan yang Digoreng

Peneliti menemukan adanya hubungan antara konsumsi makanan yang digoreng dengan masalah jantung dan diabetes tipe 2. Selain itu, beberapa studi juga menunjukkan bahwa konsumsi makanan yang digoreng setiap hari dapat memperpendek umur atau harapan hidup.

Konsumsi Gula Tambahan

Penambahan gula dalam berbagai hidangan dan minuman memang dapat menambahkan rasa manis. Akan tetapi, dampak dari kebiasaan ini tidak semanis rasa yang diberikan gula.

Beragam bukti ilmiah menunjukkan bahwa penurunan konsumsi gula tambahan berkaitan dengan penurunan morbiditas terkait diabetes dan kematian dini. Salah satu cara untuk memangkas konsumsi gula tambahan adalah dengan menghindari atau membatasi makanan dan minuman yang mengandung gula tambahan, khususnya fruktosa.

Konsumsi Alkohol

Meski dikonsumsi dalam jumlah cukup, konsumsi alkohol tetap memiliki risiko. Orang-orang yang hanya mengonsumsi sedikit alkohol atau light drinker pun mengalami dapat peningkatan risiko beberapa jenis kanker, seperti kanker esofagus.

Sedangkan peminum alkohol berat memiliki risiko terhadap beragam masalah kesehatan termasuk pankreatitis dan kematian tiba-tiba bila sebelumnya sudah memiliki penyakit kardiovaskular. Kebiasaan ini juga berkaitan dengan risiko gagal jantung, penyakit hati, strok, bunuh diri, dan kerusakan otak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement