Sabtu 16 Jan 2021 08:21 WIB

10 Manfaat Makan Apel Setiap Hari

Mirip dengan makan pisang, mengonsumsi apel setiap hari juga baik bagi tubuh.

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah
Mirip dengan makan pisang, mengonsumsi apel setiap hari juga baik bagi tubuh (Foto: ilustrasi)
Foto:

Sehatkan usus

Sesuatu yang sering diabaikan dalam hal kesehatan secara keseluruhan adalah tentang usus. Ketika merasa sakit perut, kembung, sembelit, usus harus menjadi tempat pertama yang diperhatikan. Pektin, probiotik yang telah terbukti memiliki manfaat langsung dalam menjaga kesehatan usus, telah ditemukan dalam apel.

Mencegah kanker

Apel bisa menjadi kunci untuk melindungi diri dari kanker. Terutama bagi seorang perokok, makan apel secara teratur dapat berperan dalam pencegahan kanker paru-paru yang juga telah dibuktikan oleh penelitian.

Kurangi risiko diabetes tipe 2

Hanya makan beberapa apel setiap pekan telah terbukti berdampak positif pada penurunan risiko diabetes tipe 2. Namun, makan apel setiap hari bisa berdampak lebih besar. Orang yang makan apel setiap hari menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2 sebesar 28 persen dibandingkan dengan mereka yang tidak makan buah.

Turunkan kolesterol

Serat dalam apel berperan besar dalam menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Penelitian telah menunjukkan bahwa minum jus apel tidak memiliki efek yang sama pada kolesterol seperti makan buah utuh.

Para ilmuwan percaya bahwa serat larut sangat penting dalam menurunkan kolesterol. Jadi, lewati jus apel dan mulailah mengiris apel itu sebagai gantinya untuk camilan harian Anda, serta 17 Makanan yang Menurunkan Kolesterol ini.

Perbaiki gejala asma

Jika menderita asma, makan apel setiap hari dapat membantu meredakan gejala. Sebuah penelitian dilakukan di jurnal Advances in Nutrition dengan lebih dari 68.000 wanita, dan ditemukan bahwa mereka yang makan apel paling banyak memiliki risiko asma terendah. Secara khusus, mereka menemukan bahwa makan 15 persen apel besar diterjemahkan ke dalam risiko 10 persen lebih rendah terkena gejala asma. Itu perbedaan yang cukup kentara.

Buat gigi lebih putih

Apel juga dapat membantu memutihkan gigi. Menurut penelitian PLOS ONE, aktivitas mengunyah apel memiliki efek langsung pada pengangkatan plak gigi dan pada akhirnya membuat gigi lebih putih. Jadi sepertinya apel secara resmi telah menjadi pemutih gigi termurah yang pernah ada.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement