Senin 30 Dec 2019 05:31 WIB

Manfaat Makan Dua Apel Setiap Hari

Apel dapat menjadi cemilan sehat, pengganti sarapan, atau makanan diet harian.

Rep: MGROL126/ Red: Nora Azizah
Apel dapat menjadi cemilan sehat, pengganti sarapan, atau sebagai makanan diet harian (Ilustrasi buah apel)
Foto: Pxfuel
Apel dapat menjadi cemilan sehat, pengganti sarapan, atau sebagai makanan diet harian (Ilustrasi buah apel)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apel dapat menjadi cemilan sehat, pengganti sarapan, atau sebagai makanan diet harian. Seperti yang dilansir dari pinkvilla, Senin (30/12), mengkonsumsi satu apel sehari diklaim bisa memberikan manfaat lebih bagi kesehatan. Bagaimana jika mengonsumsi dua apel?

Belum lama ini, penelitian dilakukan pada 40 orang yang memiliki kolesterol tinggi. Mereka disarankan untuk mengkonsumsi dua apel dalam satu hari selama delapan pekan. Setelah pekan ke delapan, 40 orang tersebut kembali menjalani pemeriksaan kadar kolesterol. Hasilnya, tingkat kolesterol mereka turun sebanyak empat persen.

Baca Juga

Penelitian telah membuktikan bahwa orang yang mengkonsumsi dua apel setiap hari memiliki pembuluh darah yang lebih rileks dibandingkan dengan yang tidak mengkonsumsi. Para peneliti juga percaya bahwa kandungan serat dan polifenol dalam apel sangat penting bagi tubuh.

Penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition ini mengungkapkan bahwa wanita cenderung mendapat manfaat yang lebih banyak dari dua apel sehari dibandingkan dengan pria terkait penurunan kolesterol. Apel mengandung kaya serat sebagai bahan bakar bakteri dalam usus yang dapat mengurangi kolesterol.

Mengonsumsi dua apel per hari juga bisa menjadi salah satu cara alami turunkan kolesterol. Bahkan, konsumsi apel ini juga dapat mengurangi risiko menderita serangan jantung hingga strok.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement