Kamis 11 Mar 2021 16:19 WIB

Fakta Mengejutkan tentang Manfaat Apel

Apel dapat mengurangi kemampuan hidup bakteri dalam mulut.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Buah apel.
Foto: Wikimedia
Buah apel.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada idiom yang menyebutkan, makan sebutir apel setiap hari bakal menjauhkan Anda dari dokter. Itu bukan anggapan belaka, karena kebenarannya sudah dibuktikan oleh sains.

Berbagai studi mengungkap, konsumsi rutin buah apel membantu menekan risiko sejumlah penyakit kronis. Berikut fakta mengejutkan tentang manfaat buah apel, dikutip dari laman Eat This, Kamis (11/3):

1. Menjaga kondisi jantung

Studi 2019 yang terbit di The American Journal of Clinical Nutrition membeberkan bahwa apel membantu menjaga kondisi jantung. Temuan itu didapat setelah menganalisis kondisi para peserta penelitian.

Peserta dengan kadar kolesterol sedang hingga tinggi diminta menyantap dua butir apel setiap hari secara rutin. Hasilnya, kolesterol buruk alias LDL menurun, yang pada akhirnya menekan risiko sakit jantung.

2. Mengurangi tekanan darah

Jika ingin mengurangi tekanan darah, disarankan makan apel secara teratur. Riset 2020 yang terbit di Scientific Reports mengungkap bahwa apel yang kaya flavanol bisa membantu menurunkan tekanan darah.

3. Meningkatkan kesehatan perut

Kesehatan pencernaan bersumber dari usus. Cara membuat usus sehat sangat sederhana, salah satunya rutin makan buah, termasuk apel. Penelitian 2017 yang dipublikasikan Nutrients sudah membuktikan itu.

Peserta yang menyantap berbagai jenis apel sama-sama menunjukkan efek positif pada perut. Komposisi bakteri dalam usus terdeteksi seimbang sehingga membuat pencernaan dalam kondisi prima. 

4. Melindungi gigi

Riset rilisan 2018 di PLoS One mengungkap bahwa makan apel mengurangi kemampuan hidup bakteri dalam mulut. Itu artinya kesehatan gigi dan mulut bisa lebih terlindungi.

5. Aroma napas jadi lebih baik

Setelah menyantap makanan berbau menyengat seperti bawang, cobalah makan sebutir apel.  Studi 2016 yang diterbitkan dalam Journal of Food Science memastikan itu bisa memperbaiki bau mulut.

Makan apel setelah mengonsumsi bawang putih dapat secara signifikan mengurangi enzim dalam bawang putih yang menyebabkan bau mulut. Apel bisa jadi solusi lezat daripada harus sikat gigi berkali-kali.

6. Menekan risiko sejumlah jenis kanker

Pada 2009, sebuah studi yang terbit di Reviews on Environmental Health menemukan dampak signifikan dari makan apel. Menyantap buah ini bisa menekan risiko kanker usus besar.

Sementara, studi meta-analisis yang terbit di jurnal Public Health Nutrition di tahun 2005 mengungkap kaitan apel dengan jenis kanker lain. Makan apel dikaitkan dengan penurunan risiko kanker paru-paru. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement