Selasa 12 Jan 2021 00:55 WIB

6 Tanaman Ini Bantu Tidur Lebih Nyenyak

Tidak hanya musik relaksasi dan aroma therapy yang bisa membantu tidur lebih nyenyak.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah
Tidak hanya musik relaksasi dan aroma therapy yang bisa membantu tidur lebih nyenyak (Foto: ilustrasi)
Foto:

4. Sirih gading

Sebagian orang menamakan tanaman ini golden pothos, selain nama ilmiah Epipremnum aureum. Menurut NASA, tanaman ini yang paling ampuh menghilangkan karbon monoksida dan formaldehida dari udara sehingga tidur malam akan lebih nyaman.

Daunnya yang rimbun dan kekuningan juga menambah suasana romantis pada kamar. Tanaman ini bisa dirawat dengan santai karena cukup fleksibel hidup dengan cahaya redup maupun terang, disiram tiap pekan atau hanya tiap bulan.

 

5. Passiflora

Bentuk dan warna yang eksotis dari tanaman hias ini akan mencerahkan kamar, ditambah dengan aromanya yang menyejukkan. Passiflora terbukti bermanfaat meredakan gejala kecemasan dan efektif mengobati insomnia.

Sinar matahari sangat penting bagi passiflora, maka tempatkan pada bagian kamar yang paling terang. Passiflora termasuk tanaman yang mudah haus dan membutuhkan tanah lembap, terutama selama periode musim panas.

 

6. Lavender

Beberapa tumbuhan harus diolah untuk memberikan manfaat kesehatan, namun berbeda dengan lavender. Tanaman dengan bunga keunguan dengan nama ilmiah Lavandula ini tidak perlu diubah jadi minyak esensial dulu untuk membantu tidur nyenyak.

Untuk perawatan terbaik, berikan banyak sinar matahari untuk tanaman Mediterania ini. Sirami hanya jika tanahnya sudah cukup kering, dan jangan lekas memindahkan ke pot lain saat tumbuh karena lavender menyukai media yang sempit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement