Kamis 07 Jan 2021 09:35 WIB

Ingin Turunkan Berat Badan, Ingat 5 Prinsip Ini

Menurunkan berat badan hanya diperlukan upaya saling berkesinambungan.

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah
Menurunkan berat badan hanya diperlukan upaya saling berkesinambungan (Foto: ilustrasi)
Foto:

Miliki sikap "Saya mengerti"

Seberapa yakin seseorang dapat membuat beberapa perubahan sehat pada kebiasaan makan, akan berpengaruh pada hasilnya. Studi menunjukkan bahwa sikap "Saya mengerti", yang dikenal dalam dunia ilmu perilaku sebagai efikasi diri, berkorelasi dengan perubahan perilaku yang mendorong penurunan berat badan.

Orang-orang dengan sikap ini dapat pulih lebih cepat ketika mereka mengalami kemunduran. Hal ini membuat mereka lebih mungkin untuk menurunkan berat badan dan mempertahankan hasilnya.

Atasi stres dan masalah tidur

Menurut survei Stress in America 2020 yang dilakukan oleh American Psychological Association (APA), hampir 80 persen orang Amerika mengatakan pandemi Covid-19 adalah sumber stres dalam hidup mereka. Lebih dari dua pertiga mengatakan tingkat stres meningkat selama periode ini.

Saat tingkat kewalahan meningkat drastis, tubuh memompa keluar kortisol, hormon yang terbukti menimbulkan nafsu makan dan menyebabkan keinginan akan makanan cepat saji. Mungkin itu sebabnya 86 persen dari mereka yang disurvei oleh Researchscape International melaporkan kesulitan menolak junk food pada tahun 2020. Untuk itu, penting mengelola stres dan memperbaiki tidur sebelum menurunkan berat badan.

 

Olahraga bijak

Olahraga sangat baik untuk banyak hal, termasuk menghilangkan stres dan mendukung tidur yang lebih nyenyak. Tidak sekadar bertujuan untuk menurunkan berat badan, olahraga tetap penting bagi individu unthk menjaga kesehatannya.

Meskipun masuk akal bahwa olahraga akan menurunkan berat badan, pada kenyataannya, hal itu membuat lebih lapar. Bahkan, bisa mendorong makan lebih banyak untuk mengganti kalori yang terbakar.

Berkeringat selama satu jam enam kali sepekan bukanlah waktu yang tepat bagi semua orang. Kesampingkan gagasan berolahraga untuk menurunkan berat badan, dan sebaliknya, temukan cara berolahraga yang membuat diri merasa baik. Itu akan membuat kebiasaan olahraga lebih mungkin bertahan dalam jangka panjang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement